Dari Sumedang Mau Ke Jogya, Ya Naik Kereta

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Kalau anda dari Sumedang mau ke Jogya alternatif pilihan yang anak nyaman dan pas dikantong ya Naik Kereta Api. Selain jalan nya lurus perhitungan waktu pun jarang meleset. Dan kita bisa nyimpan air tidak tumpah dipinggir tempat duduk.

Perjalanan kereta dari Cirebon ke Jogya sekitar 4,5 jam sudah sampai, tapi ini dari Stasiun Kejaksan Cirebon ke Stasiun Tugu Yogyakarta. Harga tiket variatif kalo penulis sih suka nya naik eksekutif dengan harga sekitar 300 sampai 400 ribu tergantung jam nya, pesan saja di aplikasi penyedia tiket.

Sedangkan dari Sumedang kita bisa Naik Bis Bhineka dengan Harga 40 ribu yang arah Cirebon, kalo penulis sih turunnya di Kedaung terus pesan grab hanya 13 ribu, dan nyampe di stasiun. Tapi jangan lupa dari Sumedang itu bagus nya 3 jam sebelum berangkat kereta soalnya tidak bisa diprediksi kalau naik umum, kecuali pakai mobil pribadi.

Kenapa 3 jam, pernah penulis berangkat selang 2 jam, ya ampun Morat Marit nya waktu sangat mepet sampai sampai 5 menit sebelum keberangkatan kereta, belum harus cetak tiket, pokok nya ga nyaman kalau 2 jam. Cara cetak tiketnya, tinggal cari kaya seperti ATM masukan nomor booking di etiket tekan cari dan tiket akan langsung keluar tercetak. Kemudian setengah jam sebelum keberangkatan boarding dulu kasihkan tiket ke petugas dan jangan lupa siapkan KTP asli.

Tapi ingat kalo mau naik kereta harus persiapan Makanan yang banyak, ada sih yang jualan tapi kalau kantong kita lagi mepet mending bawa sendiri lebih irit. Terus air minum kalau bisa thumler yang bisa air panas itu lebih baik. Kemudian jangan lupa pakai kaos kaki, topi atau kupluk, sarung tangan dan jaket yang tebal, karena dinginnya AC di dalam kereta sangat dingin kalau ga biasa di tempat dingin udah deh menggigil. Di kereta ga boleh meroko loh,.. kalau anda ketauan merokok akan diturunkan distasiun terdekat. Tapi anda ga kuat kuat amat ga merokok biasanya pas pemberhentian stasiun yang terlewati disana baru turun pada meroko, itu yang penulis lihat.

Kalau kedingan pasti kita akan keluar masuk toilet, tapi awas toilet dikereta kecil terus harus jaga keseimbangan jangan sampai jatuh ketika buang air kecil he.. toilet biasa nya ada dibelakang gerbong kereta yang kita tumpangi tapi ada juga yang didepan. Tapi awas buka pintunya dikereta jangan didorong tapi digeser kepinggir.

Macko

  • Bagikan