Bangun Ekonomi Kreatif, Desa Jatiroke Dukung Penuh Pelaku UMKM

  • Bagikan
PELAYANAN: Aparat Desa Jatiroke saat menyapa warga ketika pelayanan di Desa. Foto : IMAN NURMAN

JATINANGOR – Upaya membantu perekonomian warga lokal ditengah persaingan bisnis yang semakin pesat, Pemerintah Desa Jatiroke, Kecamatan Jatinangor, dukung warga lokal melalui bantuan program Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal tersebut dikarenakan banyak warga di wilayah Desa Jatiroke yang kreatif dalam membuat usaha rumahan.

Kepala Desa (Kades) Jatiroke, Cuna Dinata melalui Kepala Urusan (Kaur) Tata Usaha (TU), Siti Wulansari menjelaskan pihak desa beri apresiasi hingga dukungan bagi warga yang ingin membangun usaha.

“Kita dukung dalam bentuk bantuan dari pihak desa tergantung kebutuhan butuhnya apa,” ujar Siti, Kamis (27/5).

Siti menerangkan, karena cukup banyak warga Desa Jatiroke yang membangun usaha, kini terbentuk beberapa kelompok UMKM.

UMKM, disini banyak. Salah satunya makanan, cemilan, kerajinan terus hasil tani. Itu jadi dibentuk kelompok, misal kerajinan bambu sama kayu dibentuk kelompoknya Kerajinan Ukir,” kata Siti.

Sementara itu, untuk bantuan yang diberikan Desa Jatiroke kepada warganya yang ingin membangun usaha, ucap Siti akan dibantu secara penuh.

Baca Juga : Keberadaan BRI Diharapkan Bangkitkan UMKM

“Alatnya dikasih, bahannya dikasih, kalau misal gak punya modal. Misal ada yang mau bikin usaha keripik singkong, bahan sama alatnya kita dukung,” pungkasnya.

Dalam penjelasannya, Siti memberikan contoh salah seorang warga di Desa Jatiroke yang diberikan bantuan dalam membangun usahanya.

Ada di RW 2, bu Eli produksi kayak cistik, kue-kue kering. Dikasih alat penggorengannya, dikasih kompornya, dikasih bahan bakunya,” imbuh Siti.

Dalam pemaparannya, Siti menerangkan, setelah warga diberikan bantuan dalam membangun UMKM, pihak desa juga lakukan pemantauan agar usaha tersebut dapat berkembang.

  • Bagikan