78 Anggota Panwascam Se Sumedang Dibekali Wawasan Pengawasan Pemilu

Anggota Panwascam Sumedang

INISUMEDANG.COM– Sebanyak 78 anggota pengawas pemilu kecamatan (Panwascam) dari 26 Kecamatan se Kabupaten Sumedang dilantik dan diberikan pembekalan oleh Bawaslu Kabupaten Sumedang di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor, Jumat (28/10/2022).

Pelantikan dan pembekalan itu sebelumnya sudah melalui proses rekrutmen secara ketat dan transparan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dan tes wawancara.

Komisioner Bidang Humas, Hukum, Data Informasi Bawaslu Kabupaten Sumedang, Luli Rusli mengatakan kegiatan hari ini yakni pengambilan sumpah jabatan dan pembuatan Fakta integritas serta pembekalan tentang wawasan pengawasan Pemilu dan pelatihan kepemimpinan.

“Jadi hari ini mereka disumpah dan menulis fakta integritas tentang perilaku mereka, sumpah setia terhadap undang-undang dan profesionalitas dalam melaksanakan tugas. Malamnya kita mencoba untuk evaluasi, kemudian dilanjutkan pembekalan materi tentang kepemimpinan. Karena ada beberapa anggota yang baru dan anggota lama sekitar 30%,” ujarnya.

Menurutnya, proses tahapan perekrutan Panwascam sesuai dengan undang-undang 7 tahun 2017. Juga penguatan wawasan mengenai pengawasan Pemilu dan penindakan pemilu 2024 mendatang.

“Kita akan lantik mereka, karena itu adalah orang-orang kader terbaik di Kabupaten Sumedang. Kenapa, karena mereka sudah melampaui proses yang cukup ketat dan panjang. Pendaftar panwas se Sumedang sebanyak 572 orang, kemudian diseleksi menjadi 6 besar, setelah proses wawancara akhirnya ditentukan 3 besar setiap kecamatan. Sehingga 3 orang dikali 26 Kecamatan total 78 orang,” ujarnya.

Setelah tahapan perekrutan Panwascam, lanjut Luli, pada bulan Desember 2022 akan dilakukan perekrutan pengawas kelurahan/desa (PKD), yang ditentukan setiap desa 1 orang pengawas. Artinya jika di Sumedang ada 270 desa maka akan ada pengawas kelurahan desa sebanyak 270 orang.