Upaya Penurunan AKI dan AKB, Kemenkes Lakukan Pendampingan Kepada RSUD Sumedang

  • Bagikan
Bupati dan Tim Kemenkes
Bupati Sumedang bersama RSUD Sumedang Menerimaan Pendampingan dari Kemenkes di Gedung Negara. Jum'at (26/11/2021)

INISUMEDANG.COM – Dalam rangka Pendampingan RSUD Kab/Kota Lokus Tahun 2021 Tim Kementerian Kesehatan bersama RSUP Persahabatan melakukan Pendampingan ke RSUD Sumedang, Pendampingan di terima Langsung oleh Bupati Sumedang bersama RSUD Sumedang di Gedung Negara. Jum’at (26/11/2021)

Pendampingan tersebut dalam upaya penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) menitik-beratkan peningkatan kualitas pelayanan ibu dan bayi yang didukung oleh penguatan tata kelola klinis di RS kabupaten/kota lokus percepatan penurunan kematian ibu dan bayi melalui metode pendampingan oleh RS Vertikal (16) pada 200 RSUD. Pemantapan sistem informasi, audit maternal-perinatal (AMP) dan penguatan sistem rujukan.

RSUP Persahabatan sendiri adalah RS tipe A di Jakarta Timur yang menjadi salah satu RS Vertikal Pendamping Program Percepatan Penurunan Lokus Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB).

Program pendampingan ini bertujuan untuk percepatan penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (ABI) di Indonesia, khususnya wilayah pendampingan dan RSUP Persahabatan mendampingi 7 RSUD di wilayah Jawa Barat, yaitu, RSUD Linggajati, Kuningan, RSUD dr. Soekarjo, Tasikmalaya, RSUD Ciamis, RSUD Padega, Pangandaran, RSUD Majalengka, RSUD Sumedang, RSUD Banjar, Kegiatan pertemuan berupa online dan offline (kunjungan).

Menurut Bupati Sumedang Dr. H. Dony Ahmad Munir, ST, MM pendapingan tersebut untuk evaluasi di RSUD Sumedang dan turun langsung ke lapangan guna memonitor dan memberikan rekomendasi dalam upaya yang dilakukan.

“Tentunya evaluasi dari tim pendamping akan menjadi refensi dalam untuk membuat program Dan kebijakan atas solusi”. Ujarnya.

Bupati juga berpesan kepada Direktur RSUD agar dibuatkan rencana aksi dari rekomendasi pendamping Angka Kematian Ibu dan Anak agar bisa meningkatkan derajat kesehatan di Kabupaten Sumedang.

  • Bagikan