Banner Iklan bjb

TPT Roboh, Dua Rumah Warga di Buahdua Sumedang Terancam Longsor

INISUMEDANG.COM – Guyuran hujan besar belakangan ini, Tembok Penahan Tebing (TPT) di depan dua rumah warga Desa Bojongloa Kecamatan Buahdua Sumedang, roboh.

Akibat robohnya TPT tersebut, menjadi ancaman longsor bagi kedua rumah yang tepat berdiri diatas tebing cukup curam.

Bahkan, saking besarnya hujan tersebut, material TPT yang longsor ikut hayut terbawa aliran air hingga menutup ruas jalan Buahdua Hariang.

Kendaraan yang melalui ruas jalan itu, terpaksa dialihkan untuk sementara ke jalan desa sebagai jalan alternatif sebelum material longsoran TPT dibersihkan.

Menurut Kepala Dusun Bojongloa Hendra menyebut. TPT yang roboh itu merupakan milik dua warga di Dusun Bojongloa Buahdua yaitu Erat dan Maman selaku pemilik dua rumah tersebut.

“Malam kejadian itu juga, beberapa warga setempat yang dipimpin langsung bapak kelapa desa, membersihkan material TPT yang menutup ruas jalan secara manual,” tutur Kadus di lokasi Minggu (14/5/2022).

Karena TPT-nya roboh, lanjut dia, dikhawatirkan terjadi longsor dan menghayutkan kedua rumah warga karena posisinya diatas tebing.

“Untuk sementara waktu, di area TPT yang roboh, ditutup terpal supaya tidak masuk air hujan. Sebab jika diarea itu diguyur hujan maka dipastikan longsor akan terjadi,” katanya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Bojongloa Uum Sumaya membenarkan hal itu. Kata dia, saat menerima adanya TPT roboh, pihak langsung turun ke lokasi.

“Kami langsung membuat laporan ke kecamatan. Dan pagi harinya, dari pihak pemerintah kecamatan Buahdua langsung datang ke lokasi kejadian, bahkan menyumbang beberapa sak semen,” tuturnya.

Dengan adanya kejadian tersebut, lanjutnya, diharapan ada perhatian pemerintah kabupaten sebagai antisifasi terjadinya longsor hingga menghayutkan kedua rumah warga itu.