Banner Iklan bjb

Tanggul Irigasi Jebol, Sawah Milik Penduduk di Sumedang ini Rusak

INISUMEDANG.COM – Hujan yang mengguyur wilayah Sumedang beberapa waktu lalu, membuat tanggul irigasi jebol dan merendam sejumlah sawah di Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang.

Nana Warga setempat mengatakan puluhan petak sawah tersebut terancam tidak dapat digunakan untuk bertani baik padi ataupun yang lainnya.

“Ya sawahnya tidak bisa digunakan untuk bertani lagi akibat tanggul dan jebol airnya membanjiri area sawah warga,” ujarnya Kamis 19 Mei 2022

Ia menjelaskan, dampak hujan deras dengan intensitas cukup lama beberapa waktu lalu. Membuat tanggul irigasi yang belokasi di Desa Situ Mekar Kecamatan Cisitu Kabupaten Sumedang jebol. Sehingga merendam beberapa sawah yang sebagian besar baru ditanami padi.

“Kemungkinan pemerintah Desa sudah berkoordinasi denga pemerintah Kecamatan Cisitu sebagai langkah antisipasi banjir susulan,” katanya.

Ia berharap dalam situasi seperti saat ini kepada masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya.

“Banyaknya sampah, akibatkan tidak adanya kesadaran masyarakat dengan membuang sampah sembarangan. Dalam sebuah keterangan ‘Annadhofatu minal iman’ kebersihan sebagian dari pada iman,” ungkapnya.