Tanah Longsor di Cadas Pangeran Sumedang, 2 Mobil Rusak Berat

Cadas pangeran Sumedang Longsor
Longsor di Cadas Pangeran Sumedang

INISUMEDANG.COM – Bencana longsor terjadi di Cadas Pangeran Kabupaten Sumedang Jawa Barat, menimpa dua kendaraan roda empat yang tengah melintas, Sabtu 29 Oktober 2022 sekitar pukul 15.00 WIB.

Cadas pangeran Sumedang Longsor, material longsoran tanah bercampur batu menutup badan jalan sehingga mengakibatkan arus BandungCirebon begitu juga sebaliknya macet total.

Salah satu Saksi mata di lokasi Rohaeti 60) mengatakan, suara longsor tersebut bergemuruh dan seperti suara tabrakan kendaraan.

“Saya langsung lari ke atas jalan Cadas Pangéran dan ternyata batu yang menempel berjatuhan menimpa dua kendaraan SUV salah satunya ber plat nomor B 2622 UBB Honda Freed,” ujarnya di lokasi kejadian

Rohaeti menyebutkan, longsor di wilayah tersebut sudah seringkali terjadi, hampir tiap tahun pasti saja ada longsor di jalan Cadas Pangeran.

“Teu aya korban jiwa, (Tidak ada korban jiwa). Dan korban hanya pemilik kendaraan langsung di evakuasi. Sedangkan dua kendaraan tersebut mengalami kerusakan cukup parah karena tertimpa longsoran,” tandasnya.

Sementara menurut Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan melalui Kasi Humas AKP Dedi Juhana menerangkan material batu besar dan tanah yang menimpa kendaraan tersebut berasal dari tebing Cadas Pangeran yang longsor.

“Ketinggian tebing yang longsor diperkirakan setinggi 50 meter dengan lebar sekitar 3 meter dengan kemiringan tebing 85 derajat.” Ujar Dedi.

“Batuan cadas yang terbawa tanah longsor menimpa dua unit mobil jenis Fortuner dengan no. Pol. G 8336 MP dan Honda Freed No. Pol. B 2622 UBB, yang mengakibatkan kedua kendaraan tersebut rusak berat dan 4 orang luka luka.” Tambah Dedi.

Masih kata Dedi, Saat ini material longsor dan kedua kendaraan tersebut sedang dilakukan penanganan dan evakuasi oleh petugas gabungan.

Dedi juga menambahkan akibat kejadian tersebut menimbulkan kemacetan lalu lintas, Dedi juga menghimbau agar masyarakat yang akan melintasi kawasan tersebut untuk berhati hati dan waspada.

Polres Sumedang melakukan evakuasi material longsor batu di Jl. Raya Bandung-Cirebon tepatnya Cadaspangeran Sumedang. Sabtu (29/10/2022).

Evakuasi pembersihan material longsor tersebut dilakukan bersama-sama dengan BPBD Kabupaten Sumedang, Kementrian PUPR dan Kodim 0610 Sumedang dilaksanakan mulai dari Sabtu sore dan selesai pada Sabtu malam hari.