Sumedang Siap Menuju Satu Data Indonesia

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Dalam rangka menghadapi era globalisasi melalui pemanfaatan teknologi, Diskominfosanditik melaksanakan rapat forum data statistik daerah dengan tema ” Melalui Kabupaten Sumedang Siap Menuju Satu Data Indonesia “. Senin, (29/03/21), di Hotel Handayani.

Tema tersebut sesuai dengan Perpres No. 39 Tahun 2019 dan Kepbup No. 043/Kep.123/Diskipas/2020).

Hadir dalam kegiatan tersebut kepala BPS Ferry Wibawanto, SE, MA, Kepala Bidang Statistik beserta jajaran, narasumber dari BPS, narasumber dari bappppeda mewakili bidang PPEP Andi Agustiana dan dihadiri OPD dan Intansi Vertikal yang ada di Kabupaten Sumedang.

Kepala Bidang Statistik Diskominfo Sanditik Sumedang Winy Noer Widiashanty, S.Sos.,M.Si mengatakan, maksud dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada seluruh SKPD dan seluruh lembaga daerah sebagai produsen data sektoral tentang pengelolaan penyelenggaraan statistik sektoral.

“Adapun tujuan Forum Satu Data Kabupaten Sumedang menuju (Sumedang Satu Data) adalah untuk menguatkan pemahaman statistik, tersedianya data yang cepat, akuntable, dan lebih update”. Ujarnya.

Kata Winy, selain itu Forum ini sebagai wahana dalam meningkatkan koordinasi dan sinergitas dengan seluruh SKPD.

“Diskominfo sebagai Wali Data dan BPS sebagai pembina dan penyedia official statistik, harus dapat memberikan data yang betul-betul memotret fakta di lapangan secara objektif dan akurat dengan metodologi yang sudah baku”. Terangnya.

Masih menurut Winy, SKPD dan lembaga terkait sebagai penyaji atau produsen data dapat menyampaikan kepada Diskomimfo, yang dalam hal ini sebagai walidata.

“Sehingga dapat terwujudnya Forum Satu Data di Kabupaten Sumedang”. Ucapnya.

  • Bagikan