Soal Fenomena Boneka Arwah, Sekretaris ICMI Muda Sumedang: Lebih Baik Rawat Anak Yatim, Fakir Miskin dan Duafa

  • Bagikan
Fathul Arif
Fathul Arif, Sekretaris ICMI Muda Kabupaten Sumedang

INISUMEDANG.COM – Sekretaris Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia Muda (ICMI Muda) Kabupaten Sumedang Fathul Arif bereaksi setelah mengamati terkait boneka arwah atau spirit doll yang saat ini sedang menjadi pesona oleh sejumlah tokoh masyarakat.

Menurutnya, fenomena itu tidak perlu dilebih-lebihkan, tapi pemilik boneka juga tidak boleh mendramatisasi.

Boneka arwah adalah boneka yang menyerupai bayi atau anak-anak serta sering diperlakukan layaknya makhluk hidup diajak bicara, diberikan pakaian hingga disuapi makanan.

“Fenomena boneka arwah merupakan hal yang unik dan itu sah-sah saja sepanjang hanya hobi dan tidak berlebihan apalagi sampai mengklutuskan,” kata pria yang kerang disapa kang Arif tersebut saat dimintai tanggapannya, Selasa (11/1/22).

Ia menambahkan, menyukai boneka arwah atau spirit doll sama halnya dengan menyenangi hobi  terhadap boneka pada umumnya.

Tapi, ketika boneka arwah membuat daya khayal pemiliknya tidak jernih, maka jauh lebih baik diganti dengan hobi lain dan dialihkan pada hal-hal yang lebih positif dan bermanfaat, seperti merawat yatim piatu dan orang kurang mampu.

Menurutnya sejarah Boneka Arwah muncul pada saat Krisis 1929, Mimpi Bisa Bikin Kaya Raya.

“Kalau sampai boneka arwah dianggap serta diyakini bisa membawa keberuntungan dan mempunyai kekuatan supranatural yang bisa membantu memberikan sesuatu kepada pemiliknya, saya kira itu dalam agama kami sudah termasuk musyrik dan perlu ditinggalkan. Lebih baik rawat yatim piatu, fakir miskin dan duafa saja karena sudah jelas manfaatnya bisa membawa keberkahan di dunia dan akhirat,” tambahnya.

Sebagai informasi tambahan, tren memelihara boneka arwah atau sprit doll mulai berkembang sekitar tahun 2016 di negara Thailand dengan nama Luk Thep atau malaikat anak.

Sebagian orang meyakini bahwa boneka arwah dapat membawa keberuntungan dan memliki kekuatan suprtanatural.

  • Bagikan