Sempat Viral di Medsos, Akhirnya Ode Penyandang Disabilitas Dikunjungi Wabup

  • Bagikan
IMAN NURMAN BERI BANTUAN: Wakil Bupati Sumedang H Erwan Setiawan saat meninjau Ode penderita Disabilitas Tuna Daksa di dusun Sukawening Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor

JATINANGOR– Ode (67) warga Dusun Sukawening RT 03 RW 06 Desa Hegarmanah Kecamatan Jatinangor yang menderita Disabilitas tuna daksa akhirnya dikunjungi Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan, Senin (14/6/2021) sore.

Dalam kunjungannya, selain melihat kondisi secara langsung, Wabup Erwan memberikan bantuan paket sembako dan santunan kepada bapak Ode beserta keluarganya.

Bapak Ode adalah seorang pekerja serabutan penderita disabilitas yang harus kehilangan tangannya akibat diamputasi karena terjatuh dari plafon rumah pada 27 tahun silam.

Untuk menghidupi keluarganya, bapak dari enam anak ini, selain mengandalkan pendapatan dari anak anaknya, ia juga membuka warung sederhana yang ia dirikan di dekat rumahnya.

Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan turut prihatin atas apa yang menimpa bapak Ode. Menurutnya, masyarakat harus belajar peka terhadap kondisi dilingkungan sekitar mereka.

Ia pun meminta kepada masyarakat dan aparat setempat agar segera melapor jika ada warganya yang tengah mengalami kesulitan.

“Masyarakat juga RT/RW segera laporkan jika ada warganya yang mengalami kesulitan, karena mata dan telinga kami terbatas. Jangan sampai viral dulu baru turun,” ujarnya.

Baca Juga : Wabup Pastikan Anggaran Pilkades Cair Juli Mendatang

Dikatakan Wabup Erwan, pihaknya sempat menawarkan bantuan tangan palsu kepada bapa Ode. Namun, akibat amputasi parsial dibagian tangan, bantuan tersebut tidak bisa dimanfaatkan.

“Kami sempat tawarkan, tapi melihat kondisi beliau rasanya tidak mungkin. Karena tangannya ini sudah diamputasi sampai ke engselnya, jadi tangan palsu pun tidak bisa digerakan apa-apa,” ucapnya.

Lebih lanjut Wabup mengatakan, bahwa saat ini korban sudah masuk dalam program DTKS. Ia pun mengintruksikan agar RT RW dan kepala desa setempat untuk berperan aktif membantu keluarganya.

“Putranya ada enam dan semuanya kerja serabutan, sebagian tinggal disini. Kalau keluarganya memerlukan bantuan didata lagi, dipisahkan saja KK-nya. Kita bantu, mulai dari RT RW dan Kepala desanya harus berperan aktif,” pungkas Wabup.

  • Bagikan