Rencana Parkir Berlangganan, Ombudsman Kunjungi Sumedang

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Dalam rangka rencana penerapan parkir berlangganan di Kabupaten Sumedang, Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Barat, bertempat di Command Center Kabupaten Sumedang. Jum’at, (26/03/2021)

Selain Tim Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat, juga hadir Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat, Dishub Kabupaten Sumedang, Polres Sumedang dan tamu undangan lainnya. Selain dalam rangka monitoring lokasi kecelakaan bus di Wado-Sumedang pada tanggal 10 Maret 2021 yang lalu, kunjungan ini pun dalam rangka rencana penerpan parkir berlangganan di Kabupaten Sumedang.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jawa Barat Drs. Dan Satriana menyampaikan bahwa kunjungannya bukan dalam rangka pemeriksaan, namun untuk menyamakan persepsi dalam upaya pencegahan agar tidak terulang dikemudian hari.

Adapun beberapa hal disampaikan diantaranya, apresiasi Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang terkhusus kepada Drs. Herman Suryatman, M.Si selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang atas mudahnya menyampaikan laporan-laporan, bukan hanya tentang menyelesaikan masalah tetapi memperbaiki sistem agar persoalan itu tidak terulang lagi.

“Saya kira digitalisasi di Kabupaten Sumedang bukan hanya sekedar ikut-ikutan, tetapi terlihat betul memiliki visi di dalam melakukan trobosan-trobosan dalam layanan publik,” ungkapnya.

Dan Satriana juga berharap, hal ini dapat terus berjalan, “kita kawal bersama perkembangan digital, karena sudah saatnya pengambilan kebijakan berdasarkan data. Pentingnya data untuk dimanfaatkan dalam pertimbangan kebijakan,” tambahnya.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Drs. Herman Suryatman, M.Si dalam menerima kunjungan tersebut menyampaikan terkait perkembangan Kabupaten Sumedang saat ini.

Menurut Herman, Sumedang memiliki Aplikasi SITABAH (Sistem Informasi Tanggap Bencana dan Musibah), yaitu sebuah aplikasi ini buat khusus untuk menginformasikan seputar perkembangan bencana di Kabupaten Sumedang.

Dilanjutkan dengan menampilkan visualisasi kondisi lapangan pada layar monitor Command Center Sumedang. Untuk parkir berlangganan sendiri, akan mulai efektif pada 1 April 2021.

  • Bagikan