Banner Iklan bjb

Punya Wilayah Luas, Distan Optimalkan Posterling Tangani Masalah Ternak

Kepala Distan Kabupaten Bandung Tisna Umaran

BANDUNG – Jajaran Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bandung bakal mengoptimalkan peran Posterling untuk menangani masalah ternak seiring dengan wilayahnya yang luas.

Kepala Distan Kabupaten Bandung Tisna Umaran mengatakan Posterling adalah Pos Pelayanan Kesehatan Hewan dan Ternak Keliling. Ini dihadirkan bagi para peternak.

“Posterling ini diciptakan seiring luasnya layanan kesehatan hewan di Kabupaten Bandung, yakni meliputi 31 kecamatan, 270 desa dan 10 kelurahan,” ujar Tisna Umaran.

Terbatasnya para tenaga kesehatan hewan seperti medik dan paramedik veteriner, sarana dan prasarana serta obat-obatan, kata Tisna, juga alasan dibentuk.

“Tahun 2017 kami hanya mampu menangani sekitar 16.833 ekor hewan. Namun dengan kehadiran Posterling di Juli 2018, jumlah pelayanan meningkat signifikan,” ucapnya.

Tisna menambahkan selama tahun 2021 sudah melayani sekitar 258 desa/kelurahan, dengan jumlah hewan yang terlayani kesehatan mencapai 46.498 ekor.

“Saat fenomena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang melanda Kabupaten Bandung, Posterling berperan sebagai early warning atau berupa early detection,” klaim Tisna.

Berkat inovasi itu, menurut Tisna, petugas dapat dengan mudah melakukan controling dan monitoring kasus PMK. Karena layanan Posterling tersebut dilakukan secara rutin.

“Dan (layanan ini) telah terjadwal setiap hari Rabu di desa yang telah ditentukan oleh petugas sebelumnya,” kata Kepala Distan Kabupaten Bandung itu menandaskan.