Banner Iklan bjb

Puluhan Rumah di Cangkuang Bandung Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Bupati Bandung Dadang Supriatna

BANDUNG – Sebanyak 52 rumah warga dengan rincian 30 rumah di Desa Cangkuang dan 22 rumah di Desa Tarajusari, Kecamatan Cangkuang, Kabupaten Bandung rusak parah setelah diterjang angin puting beliung.

Bupati Bandung Dadang Supriatna yang meninjau lokasi bencana mengaku prihatin dan mendoakan warganya yang terdampak angin puting beliung. Untuk bersabar dalam menghadapi musibah yang kini menimpa.

BPBD bersama aparat kecamatan dan desa setempat masih melakukan assesment. Nah selanjutnya memberikan bantuan, mungkin jumlah yang terdampak bisa saja bertambah (lebih dari 52),” katanya, Jumat 20 Mei 2022.

Adapun bantuan yang diberikan, kata dia. Berupa uang tunai untuk perbaikan rumah yang rusak, selain family kit untuk warga korban bencana. Bantuan itu nanti ditransfer melalui nomor rekening bank para korban.

“Nilai bantuannya masih dalam proses assesment BPBD, karena ada klasifikasi rusak ringan, sedang dan berat. Kebanyakan rumah yang rusak akibat angin puting beliung ada di RW 01 dan RW 09,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Bandung juga mengungkapkan Pemkab Bandung sudah menyiapkan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT) yang nilainya Rp116 miliar dari APBD 2022 untuk masalah bencana.

Hanya saja, Dadang tak sependapat dengan salah satu klausul dalam regulasi terkait BTT ini. Sebab dalam aturannya, ada persyaratan bahwa BTT baru bisa disalurkan jika ada kejadian luar biasa seperti korban jiwa.

“Saya akan coba untuk komunikasi dengan pemerintah pusat agar ada perubahan dari peraturan yang mengganjal ini. Karena kami ini sudah menyiapkan anggaran untuk BTT tapi justru tidak bisa digunakan,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Politisi PKB itu meminta warga yang ada di wilayah Kabupaten Bandung tetap siaga menghadapi ancaman cuaca ekstrim yang berpotensi menimbulkan bencana dalam beberapa waktu ke depan.

“Kabupaten Bandung masuk sebagai daerah rawan bencana makanya perlu siaga. Kami sengaja siapkan anggaran BTT, baik yang disimpan di dinas atau BPBD salah satunya untuk penanganan bencana,” kata Dadang.