Banner Iklan bjb
Berita  

Puluhan Hektar Terancam Sawah Tak Terairi Akibat Pintu Air Rusak, Begini Penjelasan PUTR Sumedang

Pintu Air rusak

INISUMEDANG.COM – Pintu air yang rusak di Daerah Irigasi (DI) Kandang Ranjang Desa Padasuka Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang mengancam puluhan hektar sawah tidak terairi.

Untuk itu, secara sukarela para petani di daerah tersebut bergotongroyong untuk memperbaikinya.

Dimintai tanggapannya, Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) pada Dinas Pekerjaan Umum dan Tataruang Kabupaten Sumedang Yamam Mutaqin mengatakan. Persoalan pintu air yang rusak tersebut oleh pihaknya sudah diagendakan akan diperbaiki.

“Persoalan pintu air yang rusak DI Kandang Ranjang Desa Padasuka tersebut sudah masuk kedalam list perbaikan. Jadi, kami sudah mengagendakan untuk perbaikan pintu air itu, agar para petani tidak lagi harus memperbaiki sendiri”. Kata Yamam saat diwawancarai wartawan Sabtu 18 Maret 2023.

Untuk perbaikannya, lanjut Yamam, tidak dianggaran pada APBD murni karena sudah teranggarkan pada ajuan sebelumnya. Jadi, buat DI Kandang Ranjang dijadwalkan pada anggaran perubahan nanti.

“Jadi untuk perbaikan DI Kandang Ranjang itu akan teranggarkan pada akhir tahun nanti di anggaran perubahan. Semoga akan terealisasi sesuai dengan apa yang direncanakan,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, para petani di Desa Padasuka Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang gotong royong memperbaiki Pintu air di Daerah Irigasi (DI) Kandang Ranjang. Pasalnya, bila tidak diperbaiki akan mengakibatkan gagal panen puluhan hektar padi yang berada di kawasan tersebut.