Puluhan CCTV Bakal Dipasang di Ruas Jalan Sumedang, Ini Tujuannya

  • Bagikan
Dishub Sumedang
Atang Sutarno, Sekertaris Dishub Kabupaten Sumedang

INISUMEDANG.COMDinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sumedang, bakal memasang 64 camera pemantau Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah ruas jalan di wilayah Sumedang, khususnya di wilayah perkotaan.

Adapun tujuannya, diantaranya yaitu untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan di jalan raya, serta untuk memantau volume kendaraan yang keluar dan masuk.

Sekertaris Dishub Kabupaten Sumedang Atang Sutarno mengatakan, dengan dipasangnya 64 CCTV ini, tentunya banyak manfaat yang akan didapatkan, seperti sebagai pemantau keamanan, ketertiban wilayah dan memantau kemacetan, serta memantau arus keluar masuk kendaraan ke wilayah Sumedang.

“Banyak sekali manfaatnya, dan nantinya juga bisa membantu pihak kepolisian jika terjadi kejahatan di jalan raya ataupun dalam penyelidikan jika ada kasus tabrak lari,” ujar Atang saat ditemui di Ruang Kerjanya, Selasa (30/11/2021).

Lebih lanjut Atang menuturkan, dari ke 64 CCTV dibagi dalam beberapa jenis, seperti Camera PTZ sebanyak 23 unit, kemudian CCTV picture 41 unit. Selain itu juga ada 2 Trafik counting camera.

“Untuk Trafik counting camera akan dipasang di dua titik, yaitu disekitar Tugu Bino Kasih dan Bundaran Alam Sari. Trafik counting ini manfaatnya untuk menghitung jumlah kendaraan yang keluar masuk wilayah Sumedang,” ujar Atang.

Sedangkan fungsi PTZ Camera, lanjut Atang, memiliki keunggulan teknologi yang tidak dimiliki oleh CCTV jenis lain. Dimana kamera ini dapat memutar 360 derajat, selain itu bisa menggerakkan kendali kontrol jarak jauh berupa pembesaran (zoom in) ataupun pengecilan (zoom out).

“Dengan kamera ini, banyak manfaat yang akan diambil, termasuk jika ada tindak kejahatan di jalan raya. Karena kamera ini dapat di zoom ke sasaran yang dituju, walaupun posisinya jauh,” jelas Atang.

Sementara untuk monitor kendalinya CCTV tersebut, lanjut Atang, akan dimonitor langsung dari command center yang akan dibangun dilantai dua Dinas Perhubungan.

“Saat ini masih tahap pengerjaan, dan rencananya pada tanggal 5 Desember nanti akan dilakukan uji coba CCTV untuk mengecek berfungsi atau tidaknya. Dan nanti uji coba keseluruhannya akan dilaksanakan pada tanggal 15 sampai dengan 17 Desember. Sedangkan pengoperasian secara penuh ditargetkan pada tanggal 20 Desember,” tutur Atang.

Dengan dipasangnya 64 CCTV ini, tambah Atang, diharapkan dapat digunakan untuk memantau arus lalu lintas pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) nanti.

“Saya berharap dan saya juga telah meminta kepada kontraktor agar pemasangan CCTV ini sudah bisa diujicobakan. Karena nantinya bisa dipergunakan untuk memantau libur Nataru,” kata Atang menegaskan.

  • Bagikan