Perkembangan Covid-19 Sampai 8 April 2020 di Sumedang

Siaran Pers Perkembangan Covid-19 di Kab. Sumedang

INISUMEDANG.COM – Situasi dan kondisi terkait penyebaran Covid-19 pada tanggal 8 April 2020 sampai dengan Pukul 16.00 WIB di Kabupaten Sumedang perlu lebih diwaspadai. Hal itu tidak terlepas dari terdapatnya 2 orang yang teridentifikasi positif Covid-19 setelah menjalani tes SWAB, dan kedua orang dimaksud saat ini tengah diisolasi di RSUD Kabupaten Sumedang.

“Adapun perkembangan lengkapnya adalah Positif COVID-19 berdasarkan Polymerase Chain Reaction (SWAB) positif ada 2 orang dan Rapid Test Positif (Diduga Covid-19) sebanyak 17 orang, terdiri dari 6 orang hasil pemeriksaan Rapid Test di lingkungan PT. Kahatex, 4 orang dari IPDN dan 7 orang dari RSUD”. Ujar Dadang Sulaeman Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang saat Jumpa Pers Rabu (8/4/2020) di Gedung Negara yang didampingi Kabag Humas Asep tatang dan Wahyu Kasubag Arsip dan Dokumentasi Humas pada Setda Kabupaten Sumedang.

Selanjutnya, Tambah Dadang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada 19 orang dari total 35 PDP yang 16 diantaranya telah pulang/selesai/sembuh, dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 283 orang dari total 647 ODP dimana 364 orang diantaranya telah selesai menjalani masa pemantauan.

Ini Baca Juga : Kini Positif Covid-19 di Sumedang Hasil Swab Test Menjadi 2 Orang, dan Positif Rapid Test 17 Orang

“Untuk Orang Dalam Risiko (ODR) sebanyak 16.451 orang, dan Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak 67 orang”. Kata Dadang.

Untuk ODR, kata Dadang, yang sebelumnya beristilah ODP Berisiko atas konsolidasi data para pemudik yang dikoordinasikan oleh aparatur wilayah (Camat dan Kepala Desa/Lurah), dibanding hasil kemarin yang sempat mengalami kenaikan jumlah, saat ini berdasarkan data hingga Pukul 15.00 WIB, jumlah ODR mengalami penurunan yang cukup tinggi yaitu sebanyak 498 orang. Adapun penurunan ODR terjadi di Kecamatan Cisarua, Jatinunggal, Ganeas, Paseh, Tanjungmedar, Wado dan Ujungjaya”. Terang dadang

“Dinas Kesehatan sampai dengan hari ini telah melakukan Rapid test terhadap 903 orang dan melakukan Rapid Tes ulang sebanyak38 orang. Jumlah total yang diduga terjangkit Covid-19 berdasarkan hasil Rapid Test masih berjumlah 17 orang. Kepada yang bersangkutan akan segera dilaksanakan tes SWAB menggunakan metode Polymerase Chain Reaction (PCR), untuk memastikan positif atau tidaknya”. ucapnya.