Peringati HKB 2021, MDMC Sumedang Gelar Simulasi Penanganan Korban Bencana

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2021. Muhamadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Sumedang, melaksanakan simulasi pertolongan pertama penanganan korban bencana, yang bertempat di Klinik Aisiyah Lingkungan Kantor Pengurus Daerah Muhamadiyah Sumedang, Jln Prabu Gajah Agung Nomor 15A, Senin (26/4/2021).

Kegiatan yang diikuti oleh sepuluh personil yang terdiri dari Tim Medis dan Tim Evakuasi dari MDMC Sumedang, sempat membuat heboh warga sekitar, karena keberadaan mobil Rescue dengan suara sirine keras dengan membawa korban bencana yang sekujur tubuhnya penuh luka.

“Jadi, simulasi pertolongan pertama penanganan bencana ini, sengaja kami laksanakan untuk memperingati HKB 2021 yang selalu diperingati setiap tanggal 26 April ini,” kata Sekertaris MDMC Sumedang, Maman Koswara, seusai kegiatannya.

Adapun tujuan dilakukannya simulasi tersebut, sambung Maman, yaitu sebagai upaya kesiapsiagaan dan untuk mencegah timbulnya korban jiwa jika terjadi bencana di Kabupaten Sumedang.

“Personil yang terlibat ada sekitar 10 orang. Dan sengaja kita lakukan simulasi walaupun sederhana, agar para anggota yang terlibat selalu siap menghadapi bencana. Sehingga dapat meningkatkan kesadaran, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan,” kata pria yang akrab dipanggil Macko itu.

Macko menambahkan, MDMC Sumedang akan terus berupaya dalam kesiapsiagaan, dan akan terus berperan dalam membantu keselamatan ketika terjadi bencana.

“Intinya, Insya Allah kami akan terus konsisten dalam membantu dan terjun langsung dalam penanganan bencana,” tandasnya.

  • Bagikan