Pemkab Sumedang Ikuti Peringatan HANI Melalui Virtual

  • Bagikan
Peringatan HANI secara virtual

INISUMEDANG.COM – Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang diperingati setiap tanggal 26 Juni merupakan bentuk keprihatinan dunia terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika yang berdampak buruk terhadap kesehatan, perkembangan sosial ekonomi, keamanan serta kedamaian dunia.

HANI diperingati setiap tahunnya guna mengingatkan masyarakat untuk menghindari penyalahgunaan narkoba, melawan penyalahgunaan obat-obatan, dan penjualan obat secara ilegal.

Pagi tadi, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Drs. Herman Suryatman, M.Si bersama Forkopimda Kabupaten Sumedang mengikuti acara Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2021 secara virtual, bertempat di Pendopo Setda Kabupaten Sumedang.
Senin, (28/06/2021)

Tema peringatan HANI pada tahun ini yaitu “War on Drugs” yang berarti perang melawan narkoba di masa pandemi Covid-10 menuju Indonesia Bersih Narkoba (BERSINAR).

War on Drugs sendiri, seperti diutarakan Kepala BNN RI Petrus Reinhard Golose bahwa upaya penanggulangan narkoba harus dilakukan secara holistik baik dengan hard power melalui pemberantasan dan soft power melalui pencegahan, pemberdayaan masyarakat dan rehabilitasi, serta smart power melalui pengembangan IT.

Ia pun berharap, melalui program Desa Bersinar yang ada di sejumlah daerah, program BNN untuk menyelamatkan generasi muda dari penggunaan narkoba bisa benar-benar terwujud.

“Dengan tagline baru, yaitu War on Drugs menegaskan perang melawan narkoba masih dalam bingkai human right, dan sesuai koridor penegakan hukum yang profesional dan proporsional”, ungkapnya.

Pada kesempatan ini, Wakil Presiden RI Prof. Dr. K. H. Ma’ruf Amin memberikan sambutan sekaligus melakukan pencanangan Indonesia BERSINAR (Bersih Narkoba).

Sejalan dengan prioritas pembangunan nasional terkait program pembangunan yang dimulai dari desa, bahwa masyarakat desa merupakan salah satu ujung tombak sebagai upaya pemulihan ekonomi nasional untuk mencapai tujuan ekonomi berkelanjutan. Masyarakat desa memiliki potensi dan kekuatan besar dalam melawan narkoba secara bersama-sama.

“Saya minta kepada BNN selaku leading sektor dalam P4GN untuk melakukan langkah-langkah strategis seperti mengintervensi ketahanan keluarga, mengintervensi daerah agar menjadi daerah yang bersih serta meningkatkan layanan rehabilitasi,” ungkapnya.

  • Bagikan