Banner Iklan bjb

Pasca Banjir Bandang di Citengah, Pemda Sumedang Gelar Istighosah dan Doa Bersama

INISUMEDANG.COM – Memasuki hari pertama kerja, dan dalam rangka meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT serta terhindar dari bencana alam. Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang menggelar Istigosah dan doa bersama yang dilaksanakan di Masjid Al-Kamil IPP Kabupaten Sumedang, Senin (9/5/2022).

Kegiatan istighosah dan doa bersama sendiri dilaksanakan setelah sebelumnya dilaksanakan Halal bihalal para pejabat Struktural dan ASN. Dilingkungan Pemkab Sumedang di lapangan upacara IIP Setda Kabupaten Sumedang.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir, Wakil Bupati Erwan Setiawan, Sekertaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman serta jajaran kepala OPD dan Camat.

Sementara Istigosah dipandu oleh
Pimpinan Pondok pesantren Asy-Syiffa Abuya KH. Muhyiddin Abdul Qodir Al-Manafi.

Menurutnya, Kabupaten Sumedang kondisi alamnya berbukit dan dikelilingi Gunung. Dan ditambah lagi cuaca yang tidak menentu sehingga sangat rentan sekali terjadi bencana alam.

“Kita ketahui bersama ada peristiwa bencana alam banjir bandang yang menimpa Desa Citengah, dalam menghadapi musibah seperti ini kita harus bersama-sama introspeksi diri (bermuhasabah) dengan olah dzikir apapun yang yang terjadi kehendak Allah SWT,” tutur Abuya dalam sambutannya.

Abuya menuturkan, setiap bencana pasti ada hikmahnya dengan olah dzikir ini semakin dekat dekat pada Allah SWT.

“Untuk itu, mari kita tingkatkan ketaqwaan kepada Allah dan memohon ampun terhadap dosa dan kesalahan, agar Sumedang terhindar dari Bencana,” tandasnya.

Sementara itu Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir meminta, semua ASN ikuti istigosah ini dengan sebaik baiknya dengan penuh kekhusuan dan keikhlasan semoga keluarga kita dan masyarakat Sumedang bisa di jauhkan dari bencana.

“Istigasah yaitu meminta pertolongan kepada Allah SWT agar dihilangkan dari kesukaran. Permohonan doa dalam Istighosah merupakan suatu hal yang sifatnya dirasakan bersama seperti memohon dijauhkan dari wabah penyakit. Serta meminta dihindarkan dari berbagai bencana,” tutur Dony.

Selain Istigosah, pada kesempatan ini kegiatan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan kepada para kepala OPD yang baru saja di lantik.