Banner Iklan bjb

Minggu ke 2 Sampah di RW 01 Desa Cihanjuang Sumedang Dibersihkan

GOTONG ROYONG: Warga Dusun Pangsor timur desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung saat membersihkan sampah dibantu Asep Kurnia.

INISUMEDANG.COM – Bentuk perhatian kepada masyarakat dan dalam rangka Hari lingkungan hidup sedunia. Partai Golkar Sumedang diwakili anggota DPRD Sumedang, Asep Kurnia kembali memfasilitasi warga dalam gerakan bersih-bersih sampah dan membuang ke TPA Cibeureum Cimalaka, Minggu (5/6/2022).

Proses pengangkutan pun masih dilakukan secara gotong royong dan kerja bakti warga. Menggunakan alat seadanya dan roda sampah ke pinggir jalan raya Bandung Garut tepatnya di pinggir PT Coca Cola. Sementara pengangkutan sampah dari pinggir jalan ke TPA Cibeureum menggunakan armada sampah milik Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kabupaten Sumedang.

Anggota DPRD Sumedang dapil 5 (Jatinangor Cimanggung) dari Fraksi Golkar Asep Kurnia mengatakan. Pembuangan sampah itu kali kedua setelah minggu pertama pada Minggu (29/5) dilakukan saking banyaknya sampah yang menggunung dan sudah membusuk. Karena keterbatasan armada dan sulitnya akses ke tempat sampah, sehingga pengangkutan dilakukan secara bertahap.

“Karena memang sampahnya banyak, tidak mungkin selesai dalam satu hari. Makanya dilakukan secara bertahap, mungkin sampai dua tiga minggu. Karena dilakukan setiap hari minggu disesuaikan dengan jadwal penarikan sampah DINAS LHK Yang liburnya hari minggu. Jadi, biar tidak mengganggu jadwal reguler, pengangkutan dilakukan hanya hari minggu,” ujarnya.

Membuang Sampah Tidak Pada Tempatnya Sudah Menjadi Kebiasaan

Akur menambahkan, membuang sampah tidak pada tempatnya sudah menjadi kebiasaan dalam masyarakat. Selain sarana prasarana yang belum serius disiapkan pemerintah daerah juga masih banyak masyarakat yang tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Pemerintah daerah dan masyarakat kadang tidak menyadari penyebab mengerikan dari sampah.

Sering dijumpai dalam beberapa kesempatan, masyarakat ada yang membuang sampah sembarangan seperti pada pingir jalan maupun aliran sungai.

“Mudah mudahan Mingu ke 2 gerakan bersih-bersih sampah antara Golkar dan masyarakat RW 01 Dusun Pangsor Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung bisa cepat selesai. Kami juga mohon ke pemerintah daerah untuk segera mencarikan solusinya, jangan sampai lokasi sudah bersih, ada lagi sampah karena tidak ada TPS nya,” ujarnya.

Kepala UPTD Sampah Wilayah 1 Ahmad Suhaeri menambahkan karena banyaknya sampah itu, diperkirakan sekitar 30 dump truk untuk membuangnya ke TPA Cibeureum. Namun, karena keterbatasan armada pengangkut sampah, yang hanya ada 3 buah, sehingga pengangkutan sampah akan disesuaikan dengan waktu pengangkutan sampah reguler.

“Kalau ada 3 armada paling 10 kali angkut. Tapi kan tidak mungkin selesai satu hari karena banyaknya sampah dan waktu pengangkutan yang tidak akan cukup. Jadi, kalau misalkan hari ini tidak selesai, akan dilanjutkan minggu depan, kalau hari hari biasa kan kami jadwalnya sudah penuh,” tandasnya.