Mimpi Warga Surian yang Ingin Setara dengan Daerah Lainnya di Sumedang

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Warga Kecamaan Surian , mempunyai keinginan atau mimpi untuk sejajar dengan daerah-daerah lain yang berada di Kabupaten Sumedang.

Mimpi tersebut, yaitu infrastruktur yang baik, serta akses jalan yang layak sehingga memudahkan mobilisasi warga. Terlebih, Kecamatan Surian sendiri merupakan etalase Kab. Sumedang, karena berbatasan dengan Kabupaten Subang dan Indramayu.

“Warga punya mimpi untuk bisa sejajar dengan daerah-daerah lain. Meskipun memang kontur tanahnya berbeda, tapi mudah-mudahan khususnya infrastruktur bisa lebih bagus lagi,” kata Camat Surian Kabupaten Sumedang, Drs. Bahrudin, M.Si kepada INISUMEDANG.COM, Jumat (26/2/2021) lalu.

Kendati demikian, sambung Bahrudin, untuk infrastruktur saat ini, dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Bisa dikatakan agak mendingan di bawah kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Sumedang, H. Dony Ahmad Munir dan H. Erwan Setiawan.

“Ya, untuk sekarang bisa dibilang sudah bagus, tapi itupun jika dibandingkan dengan Kecamatan yang lainnya di Sumedang, Kecamatan Surian itu perlu ada peningkatan lagi. Terlebih Surian itu adalah Etalasenya Kabupaten,” ujarnya.

Bahrudin menuturkan, dari dua ruas jalan, yaitu Haring-Cisumur dan Cisumur-Nangerag, yang kondisinya rusak tinggal 60 persen lagi.

Terlebih, dengan kondisi sekarang yang masih masuk musim penghujan, bencana longsor yang berdampak menutup Jalan kerap terjadi di Wilayah Surian.

“Kemarin saja ada dua titik longsor yang menghambat akses Masyarakat. Akhirnya bisa dilalui setelah masyarakat bergotong royong membersihkannya. Kemudian, Kita kan ada perbatasan, dan jika melihat jalan masuk ke Kabupaten lain seperti Subang dan Indramayu, tentunya di Surian itu sangat perlu ditingkatkan lagi,” tuturnya.

Bahrudin berharap, kedepan khususnya infrastruktur, bisa lebih bagus lagi. Karena saat ini, hanya itu saja harapan masyarakat, untuk mempermudah akses perekonomian dan yang lainnya.

“Kami tidak menyalakan ke Pemerintah Kabupaten Sumedang, karena mungkin ada keterbatasan anggaran di APBD, ataupun ada dampak dari Covid-19, sehingga belum terbangunnya infrastruktur di Surian. Kami memaklumi itu, hanya saja kami berharap kedepannya Surian menjadi skala prioritas pembangunan di Kabupaten Sumedang,” harapnya.

  • Bagikan