Meski Ditunda, Minat Warga Sumedang Tunaikan Ibadah Haji Terus Meningkat

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Meski Pemerintah Indonesia melalui Mentri Agama RI secara resmi membatalkan pemberangkatan jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji tahun 2021 ini.

Kendati ditunda, minat warga di Sumedang untuk menunaikan Ibadah Haji terus mengalami peningkatan.

Pembebasan lahan milik warga akibat adanya pembangunan Jalan Tol Cisumdawu, dinilai jadi pemicu meningkatkannya minat masyarakat untuk menunaikan Ibadah Haji.

Demikian disampaikan oleh
Kepala Kemenag Kabupaten Sumedang H. Jajang Apipudin, M.Ag saat ditemui di Ruang Kerjanya, Selasa (8/6/2021).

Menurutnya, seusai dengan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 660 Tahun 2021, sudah jelas bahwa pemberangkatan ibadah haji di seluruh Indonesia ditunda.

“Terkait Sumedang sendiri, tentunya mengikuti kebijakan sebagaimana yang telah dikeluarkan oleh Menteri Agama. Namun, walaupun adanya pembatalan pemberangkatan, pendaftaran haji di Sumedang terus mengalami peningkatan akhir-akhir ini,” ujarnya.

Adapun untuk kuota jemaah haji di Sumedang, kata Jajang, yaitu berjumlah 860 orang Calon Haji (Calhaj). Dan yang telah melakukan pelunasan pada tahun 2020 lalu berjumlah 857 Calon haji.

Namun, adanya pembatalan pemberangkatan haji pada tahun ini, sebanyak 3 Calhaj dari 857 orang yang telah melunasi mengambil kembali pelunasannya.

“Jadi total Calhaj di Sumedang yang sudah siap berangkat itu 857 orang. Karena ketiga orang yang mengambil kembali pelunasannya tetap menjadi prioritas untuk pemberangkatan haji pada tahun berikutnya,” jelasnya.

Jajang menuturkan, untuk Waiting List (Daftar tunggu) pemberangkatan haji di Sumedang itu mencapai 15 tahun. Sehingga, bagi masyarakat yang akan mendaftar untuk berangkat haji pada tahun ini, harus menunggu 15 tahun untuk pemberangkatannya.

“Untuk itu, kami menghimbau bagi masyarakat yang ingin menunaikan Ibadah Haji, agar secepatnya mendaftarkan diri. Karena saat ini minat masyarakat terus meningkat, disisi lain kuota Sumedang hanya 860 orang setiap tahunnya,” kata Jajang menegaskan.

  • Bagikan