Berita  

Menara Kujang Sapasang di Sumedang Diklaim Lebih Keren dari Menara Eiffel

Menara Kujang Sepasang Jatigede
Mesjid Al Kamil di Kecamatan Jatigede Kabupaten Sumedang

INISUMEDANG.COM – Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman mengklaim. Menara Kujang Sapasang yang saat ini masih dalam tahap pembangunan di kawasan wisata Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat lebih keren dari Menara Eiffel di Paris, Prancis.

Diketahui, Menara Kujang Sapasang merupakan hasil design dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Menara Kujang Sapasang sendiri satu kesatuan dengan Masjid Al Kamil. Di mana keduanya, terhubung dengan jembatan sejauh 100 meter.

“Menara Kujang Sapasang lebih keren dari Monas, lebih keren dari Menara Eiffel. Saya berani adu argumentasi dengan siapa pun bahwa Menara Kujang Sapasang, jauh lebih keren dari Menara Eiffel”. Ujar Herman kepada wartawan di Command Center Sumedang, Senin (14/11/2022).

Herman menuturkan, Masjid Al Kamil dan Menara Kujang Sapasang ini merupakan gabungan dari tiga pondasi yang merefrensentasikan Agama, Budaya, dan Teknologi.

“Refresentasi yang mewakili agama itu Masjid Al Kamil, kemudian budaya diwakili Menara Kujang Sapasang. Sedangkan penghubungnya yaitu jembatan adalah teknologinya,” tutur Herman.

Tiga Pondasi Menara Kujang Sepasang Jatigede

Herman menyebutkan, gabungan tiga pondasi tersebut tidak ada di bangunan-bangunan lainnya di Indonesia, maupun Menara Eiffel hingga Menara Liberty.

“Menara Eiffel hanya gabungan besi dan besi yang dibuat tersusun ke atas. Tidak ada yang istimewa, hanya saja, Menara Eiffel ini menjadi unik dan punya keistimewaan tersendiri sehingga menjadi daya tarik,” sebut Herman.

Herman mengatakan, nantinya menara Kujang Sapasang di Waduk Jatigede pun bisa menjadi daya tarik yang dapat menggerakkan berbagai sektor, terutama pariwisata di Sumedang.

“Kalau sudah selesai, saya yakin ini akan booming, akan menjadi daya tarik luar biasa. Bila sudah begitu, nantinya, akan menjalar ke destinasi lainnya yang ada di sekitar kawasan Jatigede. Kemudian, nanti tidak sebatas objek wisata di Jatigede, tapi terus ke objek wisata di wilayah lainnya. Banyuwangi pun begitu, sebelum seperti sekarang jadi kabupaten pariwisata. Sumedang pun, nanti bisa seperti itu,” tutur Herman.