KPM Desa Jatihurip Dilatih Penginputan Aplikasi eHDW

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Pendamping Desa melaksanakan Pertemuan dengan Kader Pembangunan Manusia (KPM) dalam rangka Sosialisasi SDGs di Rumah Ketua RW 09 Desa Jatihurip Sumedang Utara, Sumedang, Kamis (25/3/2021).

Kegiatan dihadiri oleh Pendamping Desa, Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Desa, KPM dari tiap Desa di wilayah Kecamatan Sumedang Utara.

Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Desa, Untung Abdulah mengatakan, bahwa SDGs (Sustainable Development Goals) merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan Desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”. Ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan pendampingan penginputan Aplikasi eHDW atau e-Human Development Worker merupakan aplikasi yang dikelola oleh Direktorat Pelayanan Sosial Dasar, Ditjen PPMD, Kementerian Desa PDTT, bagi ibu ibu Kader Pembangunan Manusia (KPM).

“Jadi aplikasi ini untuk memantau perkembangan kegiatan konvergensi stunting di tiap desa khususnya dalam kegiatan desa dan penggunaan dana desa, aplikasi ini juga bertujuan untuk mengetahui perkembangan konvergensi stunting tiap 3 bulan sekali, dan sasaran stunting ini adalah ibu hamil dan bayi dibawah dua tahun yang dirangkum dalam seribu keluarga HPK”. Jelasnya.

Sementara itu Kader Pembangunan Manusia (KPM) mengatakan program ini sangat membantu sekali dalam tugas tugas kader posyandu tetapi kendalanya kapasitas smartphone kurang mendukung dengan aplikasinya mudah mudahan kedepannya bisa mendapatkan bantuan smartphone yang standar dengan kapasitas aplikasi.

  • Bagikan