Kisah Si Tompel Raja Komputer dari Sumedang Part 2

Si Tompel Part 2
Poto Internet Si Tompel Raja Komputer

INISUMEDANG.COM – Kisah Pakar komputer Yusup Randy alias si Tompel part 2. Namanya makin berkibar seantero Indonesia sehingga digelari si raja komputer. Dikenal dari mulai pejabat hingga rakyat jelata.

Artikel yang dilansir Majalah Tempo ini menyebutkan, pengalaman hidup Yusup Randy dibagikan lewat media masa sebagai inspirasi bagi masyarakat bahwa si anak miskin dari Sumedang Jawa Barat, berhasil sukses di mancanegara, lalu pulang kandang untuk membangun tanah air tercinta.

Kisah Si Tompel Part 2 ini ada peristiwa menggemparkan dan mengejutkan ketika tahun 1989. Si raja komputer secara mendadak ditangkap Polres Jakarta Selatan setelah 6 tahun menjajakan kaki kembali ke indonesia dan mendirikan LPKIA.

Katanya, kedok si raja komputer terbongkar. Dia memalsukan surat-surat identitas seperti tanda kenal lahir, KTP bahkan paspor. Mengaku WNI, padahal dia warga negara Jerman Barat, bahkan jadi buronan aparat di sana.

Tuduhan pemalsuan identitas, Yusuf Randy diganjar pasal berlapis. Yaitu memberikan keterangan palsu, melanggar undang-undang ke imigrasian dan melanggar peraturan pemerintah tentang kependudukan. Si raja komputer terancam hukuman 5 tahun penjara.

Setelah 2 bulan ditahan Polres Jakarta Selatan pada Maret 1989 saat menunggu sidang digelar. Yusuf Randy dibebaskan sementara dengan jaminan Yanti istri keduanya dan pengacaranya Hindarsih.

KTP Tembak Hingga Pembuatan Paspor Palsu

Dilansir Chanel YouTube Umbra Skuul menyebut, kepada media pengacara itu membenarkan bahwa Yusup Randy membuat KTP tembak di Kelurahan Gandaria Utara dengan bantuan Rohmani. Sehingga, dengan KTP palsu itu, dia bisa membuat paspor palsu.

“Kata pengacaranya, Yusup Randy korban anak buahnya yang ingin menguasai LPKIA. Anak buahnya yang melaporkan pemalsuan KTP Yusup Randy kepada Polisi sehingga ditangkap dan sepak terjangnya terbongkar,” katanya.

Sidang perkara Yusup Randy digelar pada 11 september 1989, tapi dia tidak hadir. Namun semuanya terkuak pada Oktober 1989, aparat secara resmi mengumumkan Yusuf Randy buron.

Yanti istri keduanya dan pengacaranya Hindarsih memastikan Yusup Randy sudah berada di Jerman Barat. Ternyata dia dibebaskan sementara tanpa jaminan uang, karena istri keduanya dan pengacaranya sebagai jaminan bahwa Yusuf Randy tidak akan kabur.

Tapi nyatanya, Yusup Randy bebas kemana-mana ke Bandung ke Bali hingga akhirnya kabur ke Jerman Barat mengikuti istri pertamanya Elisabeth dan anak-anaknya.

Istri kedua dan pengacanya sebagai pihak penjamin tidak bisa dikenakan sanksi apa-apa, sebab waktu itu KUHP tidak mengatur sanksi bagi penjamin bila si terdakwa melarikan diri.

menanggapi kaburnya Yusuf Randy, pengacaranya mengatakan kepada media bahwa perkara Yusup Randy kecil dan jika diadili, maka akan divonis bebas.

Chanel YouTube itu juga menyebutkan konon sekarang dia tinggal di Amsterdam Belanda dan sudah menikah lagi dengan wanita indonesia yang jauh lebih muda darinya.

BERSAMBUNG…

Bagi yang penasaran nasib Si Tompel Selanjutnya, simak kisahnya pada Part 3…