Banner Iklan bjb
Berita  

Kecewa, Pelancong Asal Sumedang Harus Balik Lagi saat Berkunjung ke Masjid Al Jabar

Mesjid Al Jabar

INISUMEDANG.COM – Sejumlah pelancong asal Cimanggung Sumedang mengaku kecewa lantaran saat hendak ke mesjid raya Al Jabar di Gedebage Kota Bandung terjebak macet. Tak Hanya itu, banyaknya pengunjung dari berbagai daerah di Jawa Barat menyebabkan dirinya bersama rombongan harus balik kanan, Minggu (8/1/2023.

Suryani misalnya, pengunjung asal Cimanggung Kabupaten Sumedang ini mengaku mulai terjebak macet sejak jam 15.00 sampai jam 17.30 Sabtu (7/1/2023). Namun, setelah sampai ke pelataran masjid di bilangan kelurahan Cimincrang Kecamatan Gedebage Kota Bandung tak bisa masuk lantaran membludaknya jumlah pengunjung.

“Perjuangan dari Sumedang sekira jam 13.00 kemudian terjebak macet sampai 4 jam, kandas sudah setelah di pelataran mesjid gak bisa masuk lantaran penuhnya pengunjung. Bahkan, petugas di pengeras suara mesjid pun mengumumkan akan ditutup dan gunakanlah air sehemat mungkin. Jadi, males untuk masuk takut air wudunya habis dan gak bisa solat lantaran ‘pasesedek’, ” ujarnya.

Terjebak Macet Saat Keluar GT Cileunyi

Menurut Suryani dirinya mulai terjebak macet begitu keluar pintu tol Cisumdawu di GT Cileunyi. Masuk ke Jalan Ciluluk sudah penuh dengan kendaraan sampai bundaran Cibiru. Selepas bundaran masuk ke jalan bypass soekarno-hatta agak lenggang. Namun, macet lagi ketika akan masuk ke kelurahan Cimincrang atau ke Gedebage.

“Nah dari belokan pangkalan ojeg Cimincrang kejebak macet dari jam 3 sore sampai jam setengah enam. Jelas kecewa ya karena analisis dampak lalu lintasnya tidak diperhatikan,” ujarnya.

Lain halnya dengan Jumirah pengunjung asal Jatinangor ini terjebak macet hingga harus berjalan kaki dari pertigaan Cimincrang ke mesjid AL Jabar sepanjang 1.2 KM karena kendaraan yang ditumpanginya terjebak macet. Imbasnya dia harus jauh jauh berjalan kaki.

“Saya kan naek angkot ngeborong bersama ibu pengajian, lalu terjebak macet karena oleh supir angkotnya suruh turun,” ujarnya.

Menurutnya, jika pemerintah provinsi Jabar terutama Ridwan Kamil memperhatikan akses dalam dan amdalalin jelas macet bisa diminalisir. Seperti sistem one way, atau buka tutup, dan memperlebar jalan Cimincrang.

“Kalau bisa mah ada exit tol keluar gedebage. Jadi pengunjung yang menggunakan tol Cisumdawu bisa langsung keluar di GT Gedebage. Jadi gak kejebak macet,” tandasnya.