oleh

Ini Tugas Pokok Kepala Bappenda Sumedang

INISUMEDANG.COM – Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Sumedang dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Perda Nomor 9 Tahun 2014 tentang Pembentukan Oragnisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sumedang.

Dalam Peraturan Bupati Nomor 27 Tahun 2017 tentang Uraian Tugas Jabatan Struktural pada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kabupaten Sumedang dijelaskan, bahwa Pendapatan Daerah adalah semua hak Daerah yang diakui sebagai penambah nilai kekayaan bersih dalam periode tahun anggaran yang bersangkutan.

Sedangkan Pajak Daerah adalah kontribusi wajib kepada Daerah yang terutang oleh orang pribadi atau  badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan Daerah bagi sebesar- besarnya kemakmuran rakyat.

Dan Retribusi Daerah adalah pungutan Daerah sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu yang khusus disediakan dan/atau diberikan oleh Pemerintah Daerah untuk kepentingan orang pribadi atau Badan.

Masih dalam Perbup tersebut dijelaskan bahwa, Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah dipimpin oleh seorang kepala dengan Titelatur Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah.

Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah mempunyai Tugas Pokok membantu Bupati melaksanakan fungsi penunjang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah dan tugas pembantuan di bidang pengelolaan Pendapatan Daerah.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait