Ini Tugas Jabatan Struktural Pada Dinas Perkimtan Kab. Sumedang

  • Bagikan
Kantor Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kab. Sumedang

INISUMEDANG.COM – Dalam Peraturan Daerah Nomor 11 Tahun 2016 tentang Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Sumedang, Tugas Jabatan Struktural Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan merupakan Dinas dengan tipe A yang menyelenggarakan Urusan Pemerintahan bidang perumahan, kawasan permukiman dan bidang urusan pertanahan.

Sedangkan dalam Peraturan Bupati Nomor 8 Tahun 2017 tentang Uraian Tugas Jabatan Struktural pada Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, menjelaskan bahwa Perumahan adalah kumpulan rumah sebagai bagian dari Permukiman, baik perkotaan maupun perdesaan, yang dilengkapi dengan prasarana, sarana, dan utilitas umum sebagai hasil upaya pemenuhan rumah yang layak huni.

Kemudian dalam Perbup tersebut dijelaskan juga tentang Permukiman, menurut perbup tersebut Pemukiman adalah bagian dari lingkungan hunian yang terdiri atas lebih dari satu satuan Perumahan yang mempunyai prasarana, sarana, utilitas umum,serta mempunyai penunjang kegiatan fungsi lain dikawasan perkotaan atau kawasan perdesaan.

Dan Kawasan Permukiman adalah bagian dari lingkungan hidup di luar kawasan lindung, baik berupa kawasan perkotaan maupun perdesaan, yang berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal atau lingkungan hunian dan tempat kegiatan yang mendukung perikehidupan dan penghidupan.

Sedangkan Perumahan dan Kawasan Permukiman adalah satu kesatuan sistem yang terdiri atas pembinaan, penyelenggaraan Perumahan, penyelenggaraan Kawasan Permukiman, pemeliharaan dan perbaikan, pencegahan dan peningkatan kualitas terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh, penyediaan tanah, pendanaan dan sistem pembiayaan, serta peran masyarakat.

Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan dipimpin oleh seorang kepala dengan Titelatur Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan.

  • Bagikan