Hujan Deras di Sumedang, Sungai Cimande Meluap Hingga Pasar Tanjungsari Kebanjiran

Para pedagang di Pasar Tanjungsari Sumedang sibuk mengamankan dagangannya dari genangan air.

INISUMEDANG.COM – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kabupaten Sumedang dan sekitarnya, membuat Sungai Cimande di kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang meluap. Akibatnya akses jalan menuju desa Pasirnanjung dan rumah warga terendam banjir, Kamis (24/11/2022) sekitar jam 16.00.

Alfian Munawar, warga Cimande Desa Sindangpakuon Kecamatan Cimanggung mengatakan banjir terjadi pada pukul 16.00 sedangkan hujan terjadi pukul 15.30. Akibatnya, puluhan rumah terendam air setinggi 50 sampai 60 centimeter.

“Akses jalan dari kecamatan Cimanggung menuju Desa Pasirnanjung juga atau pas di pertigaan Cimande terendam air setinggi pinggang orang dewasa. Baik motor maupun mobil tidak bisa lewat,” ujarnya.

Menurutnya, sampai saat ini belum dihitung jumlah rumah yang terendam karena situasi masih hujan dan air masih menggenang. Bahkan, warga tidak bisa mobilitas kecuali dengan berjalan kaki dan beresiko tinggi.

“Tiap musim hujan memang sungai Cimande rutin meluap hingga banjir. Namun, di Tahun ini baru kali ini terjadi sampai meluap dan ke rumah warga. Karena hujan memang lama dan besar,” ujarnya.

Tak hanya di Cimanggung, hujan deras juga menyebabkan pasar Tanjungsari dilanda banjir. Sepanjang sejarah baru kali ini pasar Tanjungsari terendam air hingga semata kaki.

“Informasinya begitu, pasar banjir namun tidak tinggi, hanya semata kaki. Namun ini kali pertama sejak puluhan tahun tak pernah banjir,” ujar Yudi Kepala UPT Damkar Tanjungsari.