Hilang Misterius di Cadas Pangeran, Ternyata Ini Skenario Yana Karena Dililit Hutang

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Kisah Misteri Yana Supriatna (40) warga asal Dusun Babakan Regol Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan, yang sebelumnya dikabarkan hilang secara misterius di Cadas Pangeran, ternyata sudah direncanakan sebelumnya.

Berdasarkan pengakuannya kepada Polisi saat dilakukan pemeriksaan. Yana ternyata sengaja mengirimkan pesan kepada Istri, keluarga dan rekan kerjanya jika dirinya telah dicelakai di wilayah Cadas Pangeran.

“Jadi dikarenakan Saudara Yana mempunyai banyak permasalahan dilingkungan keluarga dan di tempat kerjanya yang berkaitan dengan masalah keuangan. Sehingga Saudara Yana menyusun rencana untuk melarikan diri dari semua masalahnya dengan membuat skenario atau drama seolah-olah dirinya telah dilukai dan dibuang di Jurang Cadas Pangeran,” kata
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Erdi Adrimulan Chaniago didampingi Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto saat Konferensi Pers di Aula Tribata Polres Sumedang, Senin (22/11/2021).

Dengan skenario itu, sambung Erdi, Yana berharap tidak ditagih masalah keuangannya. Dan selanjutnya Yana akan mencari pekerjaan baru di Cirebon.

“Skenario itu dibuat agar Yana terbebas dari hutang, kemudian mencari pekerjaan di Cirebon. Namun, sebelumnya memutuskan ke Cirebon, Yana sebenarnya berniat ke Jakarta, tetapi niat itu tidak jadi, dan Yana memutuskan untuk pergi ke Cirebon,” ujar Erdi.

Erdi menambahkan, Yana berhasil diamankan ketika sedang berjalan kaki ke arah Cirebon dari sebuah Masjid di wilayah Dawuan Kabupaten Majalengka.

“Ketika ditemukan sedang berjalan, Yana langsung diamankan oleh tim. Kemudian dibawa ke Polres Sumedang untuk klarifikasi pada hari Kamis 18 November 2021 sekitar pukul 22.00 WIB,” kata Erdi menegaskan.

Seperti diketahui hilangnya Yana Supriatna secara misterius di Cadas Pangeran telah menggemparkan warga di seluruh Indonesia, khususnya di Sumedang.

Gemparnya Yana yang Hilang di Cadas Pangeran, karena sebelumnya sempat mengirimkan dua pesan suara kepada istrinya.

Untuk pesan pertama, Yana memberitahukan jika dirinya sedang memberitahukan jika dirinya sedang sholat Isya di wilayah Pamulihan. Dan pada pesan suara itu juga, Yana mengatakan jika ada seseorang yang ikut menumpang pada motor yang dikendarainya.

Kemudian pada pesan suara kedua, Yana memberi pesan dengan suara yang kurang jelas sambil menangis dan dengan nada yang sedang mengalami ketakutan dibarengi suara gemuruh air, serta binatang malam.

Sejak itu, Yana menghilang secara misterius dan hanya ditemukan helm dan motornya tergeletak di pinggir jalan Cadas Pangeran.

Akibat ulah Yana Supriyatna, pencarian pun dilakukan oleh Tim Gabungan dari TNI, POLRI, BPBD, PMI, K9, Keluarga dan Masyarakat sekitar lokasi Cadas Pangeran Sumedang.

Skenario Yana akhirnya terbongkar, setelah HP miliknya kembali Aktif. Kemudian dengan IT Polri dilakukan pelacakan bahwa HP tersebut berada di daerah Desa Dawuan Kec. Tengah Tani Kab. Cirebon.

“Hasil gelar perkara peningkatan status dari Penyelidikan ke Penyidikan dengan persangkaan Pasal XIV ayat (2) dan XV UU RI No. 1 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. Tersangka tidak dilakukan Penahanan mengingat ancaman hukuman yang dikenakan kurang dari 5 tahun dan bukan merupakan Pasal pengecualian,” kata Erdi.

  • Bagikan