Enam Hal Sepele Tapi Membahayakan Kesehatan, Nomor 4 Jangan Kaget

Hal Sepele Membahayakan Kesehatan
Ilustrasi (Istimewa)

INISUMEDANG.COM – Menjaga kesehatan tubuh, tentunya menjadi hal yang wajib dilakukan setiap orang agar terhindar dari berbagai penyakit.

Namun, siapa sangka hal-hal yang dianggap sepele dan sering dilakukan oleh kita, dapat memberikan efek buruk (membahayakan) terhadap kesehatan tubuh manusia.

Berikut adalah 6 hal sepele yang dianggap dapat berdampak (membahayakan) terhadap kesehatan tubuh manusia dilansir IniSumedang.Com dari berbagai sumber.

  1. Jarang Minum Air Putih

Kurangnya asupan air dapat menyebabkan dehidrasi dan gejala gejala buruk, termasuk kelelahan, sakit kepala, kekebalan yang melemah dan kulit kering. Efek mengerikannya adalah kamu bisa terkena batu ginjal serta tekanan darah tinggi.

Untuk itu, sesibuk apapun kalian jangan lupa ya untuk meminum air putih, dan berdasarkan para ahli kesehatan, idealnya kita harus meminum 8 gelas air putih dalam satu hari.

  1. Tidur di Waktu Pagi

Tidur adalah salah satu kebutuhan untuk mengistirahatkan tubuh kita yang sudah seharian penuh berkat. Dengan menjalankan pola tidur yang baik, fungsi tubuh seseorang akan berjalan dengan baik. Sehingga dapat mudah terhindar dari beberapa penyakit seperti Stres, diabetes, hingga penyakit jantung.

Maka penting bagi kita untuk dapat mengetahui berapa waktu yang cukup untuk seseorang bisa mendapatkan pola tidur yang sehat.

Bagi kalian yang biasa tidur di pagi hari, lebih baik hindari kebiasaan tersebut, pasalnya kebiasaan ini bisa berdampak buruk lho buat kesehatanmu. Di antaranya anemia, depresi, bisa juga pemicu penyakit jantung dan gangguan metabolisme tubuh.

  1. Jarang Memelihara Kuku

Kuku menjadi tempat bersarangnya kuman. Tak hanya itu, kuku panjang juga berisiko mengalami patah. Malah bikin jari yang manis jadi bengkak bengkak kan?

Memelihara Kumis Tanpa Perawatan

  1. Memelihara Kumis

Kumis dapat menjadi tempat persembunyian dari virus herpes, infeksi jamur, atau bahkan bakteri staphylococcus yang berbahaya. Ngeri banget ya?

Sebagian orang suka memelihara kumis sebagai salah satu style, namun siapa sangka memelihara kumis akan memberikan efek buruk bila tidak dibarengi dengan perawatan yang baik.

Bahkan, efek jangka panjang yang dapat memicu penyakit serius seperti penyakit jantung tekanan darah tinggi, diabetes, dan obesitas

  1. Sering Begadang

Kebiasaan begadang ternyata juga dapat menurunkan sistem imun sehingga menjadi gampang sakit.
Begadang membuat tubuh kita tidak beristirahat cukup. Kurangnya waktu tidur/istirahat membuat sirkulasi sel darah putih terganggu. Sel darah putih yang terganggu inilah yang dapat menurunkan sistem imun kita.

  1. Toilet Duduk

Duduk terlalu lama di toilet duduk dapat meningkatkan risiko sejumlah penyakit seperti wasir dan sembelit. Selain itu penggunaan toilet duduk meningkatkan risiko seseorang terjangkit penyakit seperti diare flu hingga infeksi kulit.