DPC Srikandi PP Sumedang Siap Bantu Pendataan PMKS

  • Bagikan
DPC Srikandi Pemuda Pancasila

INISUMEDANG.COM – Ketua DPC Srikandi Pemuda Pancasila Kabupaten Sumedang Leni Ratnawulan, S.Sos mengaku siap menerima tugas sebagai tim relawan pendataan PMKS dalam rangka membantu akselarasi percepatan program Sabanda Sariksa Simpati.

“Berdasarakan surat dari Dinsos P3A kepada saya selaku ketua DPC Srikandi PP (Relawan Sabanda Sariksa Simpati)  September lalu kami siap untuk membantu  verifikasi, validasi dan assesmen dalam hal pendatataan,” jelasnya Selasa (5/10/2021).

Dikatakan Leni Ratnawulan, ia bersama tim relawan Sabanda Sariksa Simpati sudah mulai melaksanakan pendataan dan melaksanakan kegiatan sosial yang lain.

“Relawan kami disetiap unit kerja terus melaksanakan program pendataan Sabanda Sariksa hingga hari ini. Dari mula mendata anak yatim piatu yang orang tuanya meninggal karena Covid-19, lansia hingga anak disabilitas,” tuturnya.

Ia melanjutkan, pihaknya  juga berkordinasi dan bekerjasama dengan beberapa pendamping sosial yang ada di wilayah kecamatan masing-masing.

“Dalam pendataan kami juga bekerjasama dengan pendamping PKH, TKSK dan pendamping sosial lainnya. Pendataan lansia, anak disabiltas, PKMS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) meliputi kebutuhan semisal jaminan sosial, jaminan kesehatan, jaminan hidup, KIP, KIS” tuturnya.

Disamping itu yg paling penting adalah pendataan NIK KTP dan KK warga juga DTKS, dikarenakan untuk mendapatkan Bansos pemerintah adalah by Name by Adress by NIK dan by DTKS (data terpadu kesejahteraan sosial)

Selain melaksanakan program tersebut lanjut Leni, ia beserta unit kerja srikandi PP juga melaksanakan beberapa program.

“Selain program tadi kami juga melaksanakan beberapa program seperti melaksanakan Jumat bersih disetiap masjid dan bersih-bersih dan makam serta fasilitas umum lainnya,” paparnya.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat membantu pemerintah dan bermafaat bagi masyarakat.

“Mudah-mudahan apa yang kami lakukan dapat  membantu  program  pemerintah dalam mensejahterakan dan bermanfaat bagi masyarakat  Sumedang khususnya,” pungkas Leni Ratnawulan.

  • Bagikan