Desa Pangadegan Rancakalong Selenggarakan Bimtek SDGs

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Sebanyak 30 relawan mengikuti Kegiatan SDGs dalam rangka bimbingan teknis pemutakhiran data IDM berbasis SDGs Desa Pangadegan yang bertempat di Aula Desa Pangadegan Kecamatan Rancakalong.
Senin (03/05/2021)

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Camat Rancakalong, Sekretaris Camat Rancaklong, TNI-Polri Kepala Desa Pangadegan beserta jajaran dan para peserta relawan.

Muhammad Ramdani sebagai narasumber mengatakan bahwa, kehadiran SDGs tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo pada 22 Oktober 2019 yakni Dana Desa harus seluruh warga desa terutama golongan kebawah, lalu dampak pembangunan desa harus lebih dirasakan melalui pembangunan desa yang lebih terfokus.

Menurut Muhammad Ramdani, terdapat 18 Fokus pada SDGs Desa yakni Desa tanpa kemiskinan, Desa tanpa kelaparan, desa sehat dan sejahtera, pendidikan desa berkualitas, keterlibatan perempuan desa, desa layak air bersih dan sanitasi, desa berenergi bersih dan terbarukan.

” Kemudian pertumbuhan ekonomi desa, infrastruktur dan inovasi desa sesuai kebutuhan, desa tanpa kesenjangan, kawasan permukaan desa aman dan nyaman, konsumsi da produksi desa sadar lingkungan, desa tanggap perubaham iklim, desa peduli lingkungan laut, desa peduli lingkungan darat, desa damai berkeadilan, kemitraan untuk pembangunan desa, kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif”. Ucapnya.

Sementara Camat Rancakalong Ili, SE Megatakan, dengan adanya Pembekalan terkait SDGs (Sustainable Development Goals) ini, para kader tim relawan kelompok kerja pendataan desa bisa mempunyai bahan atau memahami dalam melaksanakan Permendagri Nomor 21 Tahun 2020 yaitu tentang pedoman umum Pembangunan Desa dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

“Maka daripada itu, Desa harus merujuk kepada aturan pemerintah arah kebijakan yang harus dilaksanakan, salah satunya yaitu Pembangunan di Desa harus sinkron dengan yang lebih di prioritaskan oleh Pemerintah“. Ujar Ili.

Ili menghimbau kepada petugas dilapangan supaya tetap melaksanakan protokol kesehatan agar terhindar dari wabah Covid-19.

  • Bagikan