Dandim Sumedang Apresiasi Posko Bencana Gempa Cianjur di Koramil Jatinangor

Posko Bencana Koramil Jatinangor
Posko Bencana Gempa Cianjur di Koramil Jatinangor

INISUMEDANG.COM – Dandim 0610/Sumedang, Letkol INF Hendrix Fahlevi Rangkuti mengapresiasi pembuatan posko bencana gempa Cianjur di Markas Koramil Jatinangor. Yang diinisiasi Forkopimcam Jatinangor dan gabungan relawan serta ormas di Jatinangor. Sebab, dengan dibuatnya posko terpadu di Koramil sumbangan bencana untuk korban gempa Cianjur dapat terakomodir dengan baik.

“Ya kami apresiasi atas inisiatif yang juga peran aktif dari Forkopimcam yang mau membantu dengan cara mengumpulkan bantuan dari donatur dengan membuat pos bencana. Kebetulan memang pos yang ditunjuk adalah Koramil Jatinangor. Ya alhamdulillah tadi saya melihat meninjau sudah banyak donasi-donasi yang diberikan. Baik itu sembako, perlengkapan selimut dan juga pakaian bekas”. Ujarnya usai meninjau posko bencana gempa Cianjur di Mako Koramil Jatinangor, Kamis (24/11/2022).

Menurut Danramil, sikap tenggang rasa dan gotong royong masyarakat Sumedang sekaligus ini membuktikan. Bahwa wilayah Jawa Barat khususnya Jatinangor ini seluruhnya tergerak untuk memberikan bantuan sosial kemanusiaan kepada saudara kita di Cianjur. Sifat kegotong royongan masyarakat Indonesia patut diacungi jempol meski dalam kondisi resesi pasca pandemi. Namun sikap menolong dan menyumbangkan hartanya untuk korban gempa Cianjur masih sangat banyak.

Kegotongroyongan Indonesia Masih Benar-benar Kuat

“Kami merasakan keprihatinan dari teman-teman kita dari keluarga-keluarga saudara-saudara kita sesama bangsa Indonesia ini yang tertimpa musibah. Ini juga menggambarkan bahwa sifat kergotongroyongan Indonesia ini masih benar-benar Kuat. Salah satunya begitu ada kejadian semuanya bergerak bantuan TNI kemudian dengan kepolisian termasuk yang kita di wilayah yang tidak terkena ini. Merasakan rasa keprihatinan kita dengan mengumpulkan bantuan. Mudah-mudahan apa yang diinisiasi ini setidaknya memberikan sedikit keringanan bagi teman-teman kita yang berada di Cianjur,” ujarnya.

Sementara itu, Danramil Jatinangor Kapten Arh Ateng Jaelani mengatakan pembuatan posko itu hasil inisiasi Forkopimcam. Sebab, banyaknya antusiasme masyarakat yang mau menyumbangkan bantuan untuk korban bencana. Namun, karena agar terkoordinir dan bantuan akan tepat sasaran sehingga posko ditempatkan di Markas Koramil Jatinangor.

“Kami rangkul semua elemen, ormas PP, Manggala, FKPPI, Saka Wira, dan siapa saja yang mau menyumbangkan harta bendanya kepada korban gempa Cianjur. Kami tampung dulu dan pasti kami salurkan kepada pihak yang berhak menerimanya,” tandasnya.