Bupati Sumedang Ingatkan Lima Sukses Tahapan yang Harus Diwujudkan di Pilkades Serentak

  • Bagikan
Bupati Sumedang

INISUMEDANG.COMBupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengingatkan ada Panca (Lima) Sukses tahapan Pilkades yang harus diwujudkan oleh semua unsur yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkades Serentak yang akan dilaksanakan pada 27 Oktober 2021 mendatang.

“Pertama, Pilkades harus aman, damai dan kondusif. Kedua, Pilkades harus bisa meningkatkan partisipasi pemilih. Ketiga, Pilkades harus demokratis. Keempat, Pilkades harus sukses administrasi. Dan Kelima, Pilkades sukses dan aman dari Covid-19,” kata Bupati saat memberikan arahan pada Rapat Koordinasi peran pemerintah dalam menciptakan kondusifitas Pilkades Serentak yang dilaksanakan secara Virtual, Rabu (6/10/2021) kemarin.

Selain itu, Bupati juga berharap, agar Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) beserta para Camat, untuk bisa mempersiapkan semua tahapan Pilkades secara matang dan mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi.

“Saya minta semua meningkatkan semangat dan kewaspadaan. Untuk itu, lakukan cek dan ricek berkaitan dengan persiapan Pilkades yang akan dilaksanakan beberapa minggu lagi,” ujar Bupati.

Bupati juga menambahkan, para Calon Kepala Desa harus melaksanakan Kesepakatan Bersama Pilkades, serta menandatangani Komitmen Bersama. Sehingga ada efek psikologis yang mendorong Pilkades Serentak dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu, Kepala DPMD Kabupaten Sumedang, Endah Kusyaman mengatakan, hasil konsultasi dengan Kemendagri untuk Pilkades di Kabupaten Sumedang akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan yaitu pada 27 Oktober 2021 mendatang.

Adapun pelaksanaan Pilkades Serentak, akan dilaksanakan di 89 desa dengan menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) yang ketat.

Untuk mendapatkan rekomendasi dari Kemendagri, sambung Endah, saat ini pihaknya sedang memenuhi instrumen-instrumen yang akan disampaikan ke Kemendagri.

“Kami masih memenuhi instrumen-instrumen yang akan disampaikan ke Kemendagri. Hal itu, agar pelaksanaan Pilkades bisa dilaksanakan tepat waktu,” ujar Endah.

  • Bagikan