Banner Iklan bjb

Ratusan Ribu Bidang Tanah di Sumedang Masuk Daftar Program PTSL Tahun 2022

INISUMEDANG.COM – Sebanyak 108.179 bidang tanah di 48 Desa yang tersebar di 7 Kecamatan di Kabupaten Sumedang, masuk dalam Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap Partisipasi Masyarakat (PTLS-PM), Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sumedang pada tahun 2022 ini.

Kepala BPN Kabupaten Sumedang, Iim Rohiman mengatakan, pada tahun 2022 ini, pihaknya memiliki target sebanyak 108.179 bidang tanah yang pelaksanaannya dilakukan oleh pihak ketiga.

Dari yang ditargetkan itu, sambung Iim, untuk sertifikasi sendiri yang teralokasi hanya sekitar 8.179 bidang. Sedangkan, sisanya akan dilaksanakan TI + 1 atau tahun berjalan plus satu jadi mungkin. Untuk pengukuran tahun ini baru akan disertifikasi tahun depan.

“Jadi yang 100 Ribu tersebut hanya untuk pengukurannya saja. Dan untuk sertifikasinya disesuaikan dengan kemampuan anggaran,” kata Iim pada kegiatan Konsultasi Publik tentang peran strategis pengumpulan data Pertanahan (Fuldatan)

Dalam pelaksanaannya nanti, kata Iim, akan dibentuk Tim dengan keterlibatan pemuda di Desa setempat.

“Jadi minimal empat orang, untuk keangotaan partisipasi masyarakat ini 6 orang atau maksimal 10 orang per desa,” ujarnya.

Iim menambahkan, para pemuda di wilayah perwakilan dari KNPI sangat mengapresiasi. Sudah bekerjasama dengan Pemda Sumedang yakni mewujudkan One Mave One Data One Policia.

“Ketika sudah terpetakan serentak di satu desa. Mudah mudahan peta lengkap itu bisa dimanfaatkan juga oleh semua stakeholder dalam rangka pengambilan kebijakan. Nantinya tidak ada data yang berbeda di pajak dengan BPN atau Validasi BPHTB bisa berbeda dengan BPN,” ujarnya menandaskan.

Hadir pada kegiatan tersebut Kabid Survei dan Pemetaan kantor wilayah BPN Jawa Barat Hesekiel Sijabat .S.T dan Sekda Kabupaten Sumedang Herman Suryatman, dan dihadiri pula para peserta dari 7 Kecamatan dan 48 Kepala Desa.