Bedah Carita Lembur Cipeles, Makam Keramat Buyut Pelet

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Paguyuban Miranti Rahayu menggelar Bedah Carita Lembur Cipeles dalam rangka mensukseskan program ketahanan budaya nasional di Makam Keramat Buyut Pelet Desa Cipeles Kecamatan Tomo. Kamis (1/4/2021)

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Diskominfosanditik Kab. Sumedang Dr. Iwa Kuswaeri, MM selaku tokoh budaya, Kabid Kebudayaan Disparbudpora Kab. Sumedang, Keraton Sumedang larang dan tamu undangan lainnya

Makam Keramat Buyut Pelet adalah pusat dari para leluhur diantaranya Kerajaan Galuh, Kerjaan Sumedang Larang, dan Jalur Padjajaran.

Ketua Paguyuban Miranti Rahayu Didin Rohidin mengatakan Kegiatan ini merupakan untuk mengangkat para leluhur yang ada di Kabupaten Sumedang.

“Salahsatunya Makam buyut pelet yang ada di Desa Cipeles, selain itu Paguyuban Miranti Rahayu ingin melestariakan budaya yang nantinya akan menjadi aset Desa dan kedepannya bisa menjadi wisata lokal”. Ujarnya.

Didin juga mengatakan, kegiatan ini akan diagendakan setiap tahunnya.

“Kegiatan ini akan diagendakan setiap tahunnya, yaitu pada bulan mulud dan dari Dinas terkait sangat mendukung sekali, dan ingin mendorong untuk membantu untuk membangun di area Makom Cipeles”. Ucapnya.

  • Bagikan