Ajaib, Sumber Mata Air Situ Bau di Sumedang ini Tak Berbau dan Tak Pernah Kering

  • Bagikan

INISUMEDANG.COM – Sumber mata air situ bau di Dusun Sadang RT 03 RW 09 Desa Cibeusi Jatinangor ini tidak pernah kering meski di musim kemarua dan tidak pula berbau.

Warga pun dapat mengosumsi air bersih dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan sehari-hari.

Warga setempat beruntung karena memiliki mata air yang tidak pernah habis. Kendati kemarau panjang sekalipun. Namun, ada yang unik dari sumber air tersebut, yaitu kontras dengan kondisi di sekitarnya.

Padahal, daerah di sekitarnya termasuk padat penduduk. Bahkan tak sedikit bangunan-bangunan gedung yang sudah berdiri kokoh di sana.

Mata air yang terletak sekitar 1 KM dari Kantor Desa Cibeusi ini selalu diserbu banyak warga setiap musim kemarau datang. Mereka membawa berbagai wadah untuk mengambil airnya guna kebutuhan sehari-hari.

Soma, Ketua RT setempat mengatakan, mata air yang berada di tengah kawasan padat penduduk itu sudah ada ketika usianya masih kecil.

Sumber mata air tersebut selalu dimanfaatkan warga ketika musim penghujan dan kemarau.

“Baik musim hujan atau kemarau, airnya tetap tidak kering, jernih dan bersih dan tidak bau,” ujarnya.

Hal senada disampaikan warga lainnya, Asep (43) mengaku, sangat beruntung memiliki sumber air tersebut. Pasalnya, di daerah lain belum tentu memiliki sumber air yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan konsumsi sehari-hari.

“Setiap musim kemarau di daerah lain pada banyak yang kekeringan. Tapi alhamdulilah disinimah tidak karena masih ada sumber mata air Situ Bau yang bisa dikonsumsi,” tuturnya.

Sebab itu, warga pun bersepakat untuk bersama-sama menjaga sumber air tersebut supaya tidak rusak.

“Supaya warga tetap merasakan manfaat dari sumber mata air ini,” tandasnya.

  • Bagikan