Banner Iklan bjb

Ada Cerita Menarik Dibalik Megahnya Gedung DPUTR Sumedang

Gedung DPUTR Sumedang
Bangunan Gedung DPUTR Kabupaten Sumedang

INISUMEDANG.COM – Seperti diketahui Gedung Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Sumedang di jalan R.A Kartini No 13 Kecamatan Sumedang Selatan sudah berdiri puluhan tahun lamanya.

Ada cerita menarik sebelum bangunan gedung DPUTR yang megah seperti sekarang ini.

Menurut saksi hidup Ade Kusmat (65) bahwa gedung DPUTR Sumedang ini sebelumnya hanya tempat kosong. Yang penuh dengan pepohonan ketika itu pada jaman Penjajahan Belanda.

“Pada jaman penjajahan Belanda waktu itu, dibangun Rumah Sakit Umum pertama di Sumedang. Dan setelah itu, pada tahun 1957 para penjajah Belanda di Sumedang pulang ke kampung halamannya karena Indonesia sudah menyatakan kemerdekaannya”. Jelas Ade kepada IniSumedang.Com Rabu 11 Januari 2023.

Rumah sakit yang dibangun oleh Belanda itu, lanjut Ade, tidak berjalan lama. Karena langsung pindah ke tempat yang sekarang dan menjadi RSUD Sumedang.

Selain itu, sambung Ade, saat itu masyarakat lebih percaya kepada keyakinan paranormal atau dukun dalam melakukan pengobatan, sehingga rumah sakit kurang diminati kala itu.

“Jadi awal mula rumah sakit di Sumedang berdiri itu ya di tempat ini di gedung DPUTR Sumedang sekarang ini. Tempatnya rumah sakit itu dibelakang, kamar mayat dan kamar pelayanan juga ada di halaman belakang (sekarang ruangan perencanaan),” ujar Ade menuturkan.

Jadi wajar, kata Ade, kalau gedung PUTR Sumedang itu banyak sekali penampakan. Dari mulai banyak mahluk usil, juga ada kalau dengan tidak sengaja seringkali ada penampakan.

“Mulai berdirinya gedung PUTR itu setelah rumah sakit pindah ke jalan pangeran Kornel sekarang. Lalu dibangun menjadi gedung PU yang kondisinya sederhana. Karena dulu itu sulit mencari orang yang mau kerja ke PU, beda dengan sekarang,” tandasnya.