82 Ribu Kendaraan di Sumedang Menunggak Pajak, Sepeda Motor Paling Mendominasi

  • Bagikan
Kendaraan bermotor mendominasi

INISUMEDANG.COM – Sebanyak 82 ribu kendaraan dari total 312.00 kendaraan bermotor yang ada di Kabupaten Sumedang, tercatat belum membayar pajak atau Kendaraan Tidak Melakukan Daftar Ulang (KTMDU).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) wilayah Sumedang, Deni Zakaria kepada wartawan, Selasa (24/8/2021) kemarin.

Menurutnya, berdasarkan data di P3D wilayah Sumedang tercatat ada 82 ribu penunggak pajak kendaraan bermotor penunggak pajak dibawah 5 tahun.

“Potensi penunggak pajak di Sumedang memang cukup tinggi, hal itu berdasarkan data KTMDU 5 tahun kebawah jumlahnya mencapai 82 ribu kendaraan” ujar Deni.

Lebih lanjut Deni menuturkan, dari 82 ribu kendaraan penunggak pajak tersebut, 90 persen diantaranya kendaraan roda dua sangat mendominasi atau berjumlah sekitar 77 ribu kendaraan. Sedangkan sisanya adalah kendaraan roda empat.

Adapun jumlah kendaraan untuk data aktif di Kabupaten Sumedang berjumlah 312.000 kendaraan, dan 82 ribu kendaraan yang KTMDU itu merupakan potensial pajak kendaraan bermotor.

“Jadi jumlahnya memang berbanding terbalik, dimana jumlah kendaraan roda empat itu lebih kecil. Namun penerimaan pajaknya lebih besar meskipun hanya 10 persen dari harga kendaraan. Sedangkan untuk roda dua kan hanya berapa persen saja dari harga kendaraan itu sendiri atau harga OTR (on the road),” ujarnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, tambah Deni, saat ini pihaknya sedang gencar mempromosikan berbagai promo menarik kepada para wajib kendaraan bermotor.

Seperti, memberikan bebas denda bagi para penunggak pajak.

“Jadi, untuk tunggakan pajak tahun ke lima, jika sekarang mau bayar pajak bisa dibayar pokoknya saja, yakni 4 tahun dengan denda 0 persen,” jelasnya.

  • Bagikan