Banner Iklan bjb

4 Rumah di Buahdua Sumedang Nyaris Hayut Tergerus Tanah Longsor

Terancam Longsor: 4 rumah di Desa Sukamantri Kecamatan Buahdua Nyaris ambruk tergerus longsor.

INISUMEDANG.COM – Hujan lebat yang terjadi akhir-akhir ini, mengakibatkan tanah longsor tepat di halaman 4 rumah warga Dusun Ciliang Desa Mekarmukti Kecamatan Buahdua Kabupaten Sumedang. Longsor sepanjang 100 meter dengan kedalaman tebing curam sekitar 150 meter, nyaris menghanyutkan ke-4 rumah warga tersebut.

Kaur Kesra Desa Mekarmukti Taryat mengatakan, meskipun selamat dari gerusan tanah longsor tersebut, namun kini posisi ke-4 rumah warga itu terancam runtuh dan hanyut jika terjadi longsor susulan di area tersebut.

“Kami sangat khawatir dengan kondisi ke 4 rumah warga itu. Sebab, posisinya sudah berada di atas bibir tebing yang longsor itu,” jelas Taryat di ruang kerjanya, Rabu (18/5/2022).

Terlebih sekarang ini, lanjut dia, instensitas hujan masih cukup tinggi. Sehingga jika tidak segera diantisipasi keadaannya, maka dipastikan longsor itu kembali terjadi dan menghayutkan ke 4 rumah warga itu.

Adapun antisipasi saat ini, sambung Taryat, pemilik ke 4 rumah dibantu warga sekitar melakukan pematokan dengan bambu pada bibir tebing yang longsor. Kegiatan itu merupakan antisifasi sementara untuk menahan pergerakan tanah supaya tidak terjadi longsor susulan.

“Namun itu sipatnya hanya sementara karena tidak bisa bertahan lama. Pematokan bambu itu karena kondisinya darurat dalam situasi hujan terus mengguyur,” tuturnya.

Sementara menurut Kasi Pemerintahan Kecamatan Buahdua Aad Suganda mengatakan, pematokan bibir tebing di area longsor menggunakan bambu itu, tidak menjamin bisa menghentikan pergerakan tanah. Sebab, kedalaman tebing cukup curam.

“Seharusnya dibuatkan Tembok Penahan Tebing (TPT), atau setidaknya menggunakan Boronjong. Maka kondisinya akan kuat dan dijamin bisa menahan desakan pergerakan tanah,” jelas Aad.

Aad menambahkan, setidaknya perlu sekitar 20 Beronjong untuk menahan rumah tersebut, sebab wilayah tanah longsor itu cukup luas. Sehingga diharapkan adanya perhatian Pemkab Sumedang untuk memberi bantuan Beronjong sebagai antisipasi terjadinya longsor susulan.