Ini Tugas Inspektorat Kabupaten Sumedang

  • Bagikan
Gedung Inspektorat Sumedang

INISUMEDANG.COM – Dalam Peraturan Bupati Sumedang Nomor 4 Tahun 2017, Inspektorat adalah Inspektorat Kabupaten Sumedang degan wilayah kerjanya meliputi pembinaan dan pengawasan pada instansi atau satuan kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten dan Kecamatan serta Desa/Kelurahan atau sebutan lainnya.

Inspektorat dipimpin oleh seorang kepala dengan titelatur Inspektur. Inspektur mempunyai tugas pokok membantu Bupati melaksanakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan di bidang pengawasan.

Sedangkan tugas Inspektur adalah meliputi menetapkan administrasi dan pengawasan kegiatan yang berkaitan dengan ketatausahaan, rumah tangga, keuangan dan kepegawaian Inspektorat.

Selain itu Inspektur juga menetapkan perencanaan program pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan menetapkan kebijakan dan fasilitasi pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah.

Juga mengawasi pemeriksaan, pengusutan, pengujian dan penilaian tugas pengawasan. Mengawasi kebijakan pemeriksaan atas pemberitaan media massa dan pemberitaan atas pengaduan masyarakat.

  • Bagikan